Laman

  • Home

Minggu, 13 Maret 2016

5 Tips Untuk Jaringan Bisnis (Business Networking)

Memnbangun Jaringan Bisnis

Datang ke event networking adalah investasi yang perlu terus-menerus dilakukan oleh orang-orang di komunitas bisnis. Hal ini merupakan channel untuk pengembangan bisnis, merek dan membangun reputasi serta bersosialisasi. Membuat ROI yakin positif untuk berpartisipasi dalam kegiatan semacam ini yang akan menjadi pertimbangan bagi semua orang. Silakan lihat beberapa tips untuk meningkatkan dan mempertahankan ROI Anda untuk kegiatan yang disebutkan.


1. Lakukan Networking dengan Mindset "Tepat"


Jaringan adalah investasi jangka menengah-panjang, orang-orang yang melakukannya untuk keuntungan jangka pendek mungkin akan kecewa. Dalam beberapa kali kesempatan, kita mungkin akan beruntung untuk mendapatkan hasil yang cepat, tapi itu tidak terjadi sepanjang waktu. Jangan pernah datang untuk menjual produk Anda, tetapi cobalah untuk mendapatkan arahan dari kontak Anda. Event networking juga merupakan kesempatan yang baik untuk membangun reputasi positif di antara networkers, yang mungkin menjadi duta merek di masa mendatang. Menemukan mitra bisnis yang cocok dapat mungkin dilakukan di lingkungan semacam ini.

Jadikanlah event networking sebagai ajang diskusi dan membangun kepercayaan di antara anggota komunitas. Berpikirlah "memberi" adalah lebih baik daripada "meminta", semakin banyak Anda memberikan sharing yang bermanfaat bagi komunitas maka akan semakin banyak "return" yang akan Anda dapatkan dari komunitas. 

2. Terhubung 

Setelah Anda tiba di tempat acara, cobalah untuk menjangkau peserta lainnya dengan cepat. Datang lebih awal selalu lebih baik. Bicara dengan peserta dengan hormat dan mendapatkan rasa hormat. Percayalah Anda memiliki rasa, dan Anda akan menemukan mitra dagang potensial yang mungkin bisa berbagi nilai yang sama. Tidak semua orang di ruangan akan menjadi mitra yang tepat bagi kita. Dengan demikian, memilih satu yang paling cocok, tapi tetap menghormati orang lain.

Pertimbangkan quik win, dimana anda akan mentargetkan mitra yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam setiap networking. Harus selalu ada 1 atau beberapa mitra yang akan Anda dapatkan dalam setiap event, mengingat event komunitas ini sudah didasari oleh persamaan visi dan profesi, tinggal mencari formulasi dan konsep kerjasama yang tepat dengan mitra. 

3. Selalu Tambahkan Nilai 

Orang yang tidak menambahkan nilai bagi masyarakat mungkin tidak relevan. Selalu mencoba untuk menambah nilai, tulus menawarkan bantuan. Kami dapat membantu untuk menghubungkan orang, berbagi pengetahuan/pengalaman atau menawarkan bantuan pribadi. Secara konsisten menambahkan nilai akan membangun reputasi positif kita. Kita dapat memilih posisi kami di jaringan komunitas dengan memilih bagaimana kita menambahkan nilai kepada orang lain.


4. Komunikasikan Dengan Jelas 

Cobalah untuk lebih spesifik dalam berbagi hal tentang diri kita, niat dan tujuan kita. Berkomunikasi secara khusus mengenai jenis bantuan yang kita butuhkan, jenis kontak yang kita cari. Lakukan hal yang sama dengan yang lain, menginformasikan apa kolam kontak dapat kita lihat dan jenis bantuan kami dapat menawarkan.

Hal yang paling sering terjadi adalah komunikasi yang kurang jelas dan melebar kemana-mana, sehingga esensi tujuan kita ada dalam komunitas tidak tersampaikan. Mulai sekarang cobalah untuk mengutarakan siapa Anda, dimana posisi Anda dalam bermitra, apa tujuang Anda dan Apa yang Anda harapkan dari sebuah kerjasama.

5. Tindak Lanjut 


Kami hanya punya waktu singkat untuk berbicara dengan orang-orang selama acara, dan satu kali pertemuan mungkin tidak berdampak banyak, maka kita perlu melakukan tindak lanjut. Kirim email, mengundang untuk pertemuan (ngopi) akan baik untuk menindaklanjuti dengan mitra besar. Mengatur rencana kolaborasi tertentu dan mencoba untuk menjalankan rencana, yang akan membawa manfaat yang nyata dari kegiatan jaringan kami.

Tindak Lanjut (Follow Through) memang selalu menjadi kelemahan dalam setiap pasca meeting, sehingga mitra bisa jadi terlupa dengan apa yang telah dibicarakan dengan kita atau bahkan mitra menganggap bahwa diskusi itu hanya obrolan kosong. Ingatkan mitra bahwa kita serius dengan tindak lanjut yang sopan dan bertahapan.

Demikain sharing dari RumahUMKM.Net untuk membangun jaringan bisnis teman-teman UMKM di Jawa Tengah. Selamat mencoba !