Laman

  • Home

Selasa, 01 Maret 2016

10 Tips untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan Anda

Meningkatkan Kinerja Penjualan


Saat ini kondisi penjualan bergerak lebih cepat dari sebelumnya. Dalam sekejap mata, pesaing baru muncul, produk serupa dengan Anda dilepaskan, dan sebelum anda tahu itu, kondisi penjualan anda berlomba turun ke bawah.

Tidak peduli apa industri anda, siapa yang bekerja dengan baik beberapa tahun terakhir, tidaklah cukup baik untuk hari ini. Saat ini bukan waktunya untuk trial and error atau memerintah; saat ini adalah waktu untuk menjual. 

Berikut adalah beberapa langkah dasar yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kinerja penjualan anda, mengurangi biaya penjualan, dan menjamin kelangsungan hidup usaha anda.


1. Memperjelas Visi & Misi Anda.



Mulailah dengan memahami ceruk bisnis anda. Apa yang terbaik yang pernah anda lakukan ? Siapa yang butuh dengan apa yang anda lakukan? Bagaimana cara terbaik terbaik anda dalam mendekati prospek ini? Berapa banyak dari mereka yang bersedia membayar?  

Jika pertanyaan-pertanyaan ini tidak bisa dijawab dengan mudah, maka perlu dilakukan hal untuk memperjelas visi dan misi anda.

2. Detailkan Misi ke Tujuan Tertentu.


Tuliskan tujuan kegiatan (panggilan per hari, proposal per bulan, arahan per panggilan, dll) yang dapat Anda kendalikan. Set hasil tujuan (penjualan per bulan, jumlah per penjualan, laba per penjualan, dll) untuk mengukur kemajuan Anda, dan monitoring dengan cermat. Tingkatkan aktivitas anda dan ukur hasilnya. Tujuannya adalah untuk memusatkan perhatian dan energi tindakan Anda.


3. Jual Sesuai Dengan Kebutuhan Pelanggan.

Selalu anggap prospek Anda akan membeli hanya apa yang mereka butuhkan. Bagaimana Anda bisa meyakinkan mereka atas kebutuhan tersebut? Menekankan fitur produk atau jasa yang mengurangi biaya dan memecahkan masalah bagi pelanggan. Kadang-kadang Anda dapat mengubah posisi barang-barang Anda. Misalnya, Anda menjual seragam wol untuk tampilan dan nuansa mereka; maka tekankan daya tahan wol dan nilai abadinya. Jadilah kreatif dalam penjualan dan pemasaran !

4. Membuat dan Mempertahankan Perhatian yang Menguntungkan.

Pemasaran yang efektif, arahan, keterampilan menjual yang kuat, dan pertanyaan strategis adalah kunci untuk menciptakan perhatian yang menguntungkan. Rajin tindak lanjut dan memberikan layanan kepada pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan itu.

Apakah anda menjual kuda balap atau kuda bajak ?! 
Jika anda mengetahui perbedaannya maka anda dapat meningkatkan penjualan anda lebih dari 50%.


5. Jual Dengan Kesengajaan.

Tahu mana yang baik yang harus dilakukan dan mengapa Anda melakukannya pada setiap langkah di sepanjang perjalanan. Yang Anda targetkan dan mengapa? Apa yang akan anda beritahukan kepada mereka dan mengapa? Apa yang akan anda minta dari mereka dan mengapa? Bagaimana usulan Anda seperti apa dan mengapa? Kapan anda akan meminta order? Jika Anda tidak merasa percaya diri di setiap langkah dalam proses penjualan, maka anda harus mendapatkan beberapa pelatihan atau bimbingan.


6. Tanyakan, Dengarkan, dan Bertindak.

Lebih baik dari yang lain, tiga kata ringkas yang membuat sukses dalam penjualan. Pertanyaan Anda harus kreatif, direncanakan, relevan, dan langsung. Keterampilan mendengarkan anda harus sangat maju. Anda harus merespon dan mengambil tindakan yang membuktikan bahwa Anda mendengarkan pelanggan dan menginginkan penjualan.


7. Ambil Tanggung Jawab tapi Tidak Kredit. 

Sadarilah bahwa Anda adalah pemimpin tim. Perusahaan melihat Anda untuk mengarahkan dan mendukung usaha Anda. Untuk membangun sebuah tim dukungan yang kuat untuk bersedia bekerja ekstra ketika Anda membutuhkannya, memberikan tim anda kredit untuk segala sesuatu yang berjalan baik dan benar, dan mengarahkan ketika terjadi kesalahan.


8. Bekerja Pada Hal Mendasar. 

Bahkan yang terbaik dari yang terbaik memiliki ruang untuk perbaikan. Membuat keputusan untuk memperbaiki kelemahan anda, dan menetapkan tujuan untuk memaksa diri Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin lakukan. Lebih kreatif kepada calon pelanggan Anda, pencarian fakta, dan kemampuan presentasi. Bayangkan anda sebagai penjual yang sempurna dan membandingkan diri sendiri dengan ideal. 

9. Mengembangkan Sikap Anda. 

Kontrol sikap anda. Menaklukkan ketakutan Anda. Mengubah keyakinan yang membatasi kesuksesan Anda. Kebiasaan berpikir anda mengontrol anda dalam membuat komitmen, antusiasme, ketekunan, keuletan, kebahagiaan, dan kepercayaan diri. Menyadarinya, memutuskan mana yang tidak produktif, dan kemudian membuat komitmen untuk berubah. Dengan waktu dan usaha, Anda bisa menjadi orang yang anda inginkan. 

10. Maksimalkan Waktu Anda. 

Fokus pada tujuan Anda. Menguji setiap kegiatan atas kepentingan dan urgensinya. Buat jadwal yang ideal, dan menguji sebenarnya anda menggunakan waktu anda setiap hari. Ingat, hanya satu jam sehari digunakan lebih produktif dan menambahkan hingga lebih dari enam minggu tambahan waktu produktif setahun.

Demikian beberapa hal yang bisa kami bagikan kepada teman-teman UMKM semua.