Laman

  • Home

Minggu, 07 Februari 2016

3 Tips Sukses Usaha Sambal Kemasan Dari Situs Sebelah


sambal-headSiapa tidak kenal dengan sambal? Lauk pendamping ini biasanya hadir di meja makan keluarga dan kadang menjadi makanan wajib. Tingginya minat masyarakat akan sambal, menjadikan wirausaha sambal di dalam jar atau toples kaca semakin menjadi tren.

Apa alasan orang membeli sambal kemasan? Salah satunya adalah karena sambal kemasan lebih praktis ketimbang membuat sendiri. Kondisi ini dilirik oleh wirausaha dan menjadikan peluang yang bagus untuk membuat usaha sambal kemasan. Anda tertarik ingin terjun dalam usaha sambal kemasan? Berikut beberapa tip berbisnis untuk Anda:

Pilih bahan yang berkualitas baik agar hasil sambal memiliki cita rasa yang lezat dan prima. Sebaiknya masak dalam keadaan yang matang sehingga tahan lama. Setelah matang, langsung masukkan sambal selagi panas ke dalam botol kemasan yang steril. Tutup dengan rapat agar tidak ada kontaminasi mikroba. Lebih baik lagi jika Anda mengemas sambal dengan cara vakum agar sambal lebih tahan lama.

Sambal dengan bahan garam dan gula yang tinggi biasanya akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan sambal yang kandungan gula dan garam yang rendah. Hal itu dikarenakan gula dan garam memiliki sifat pengawet alami. Garam dan gula mempunyai kemampuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroba pada makanan, sehingga sambal dengan kandungan garam dan gula yang tinggi lebih tahan lama dibanding yang rendah kandungannya.

Gunakan kemasan berbahan kaca agar lebih menarik penampilan dan aman digunakan untuk mengemas makanan yang mengandung garam dan asam tinggi seperti sambal. Agar sambal kemasan Anda bertahan lama, kemasan harus dalam keadaan steril. Caranya dengan melakukan sterilisasi kemasan dengan cara merebus atau mengukus botol kemasan selama 10 menit sebelum digunakan.

Anda ingin mencoba salah satu resep sambal yang banyak digemari orang? Berikut resep Sambal Roa Jawa untuk Anda:

BAHAN:

60 g ikan roa, goreng, suwir-suwir dagingnya
9 buah cabai merah keriting
6 buah cabai rawit merah

1⁄2 sdm irisan gula merah

1⁄2 sdm air asam jawa
1 sdt garam halus

1⁄4 sdt vetsin (jika suka)
2 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT:
  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, garam, gula merah, vetsin, dan air asam jawa. Haluskan hingga lembut.
  2. Tambahkan ikan roa, ulek kembali hingga daging ikan hancur.
  3. Panaskan minyak, tumis sambal hingga harum dan matang. Angkat.
  4. Tuang sambal ke dalam tempat saji. Hidangkan.
  5. Aneka tip di atas berguna untuk Anda yang ingin berwirausaha sambal kemasan.


Nah, siapa yang akan mencoba resep dan usaha ini ? Silahkan.