Laman

  • Home

Rabu, 27 Januari 2016

Tips Bagaimana Menjual

Tips berikut bisa berlaku untuk berbagai produk barang maupun jasa, dan perlu saya share sekedar untuk wacana bagi yang belum melaksanakannya di praktek bisnisnya.

How To Sell Anything
Berikut adalah tip-tip di atas:
  1. Buat calon customer anda mempercayai anda. Membeli adalah mengenai membangun kepercayaan.
  2. Biarkan calon customer berbicara 90% dari waktu pertemuan anda dengannya. Gunakan waktu 90% tersebut untuk lebih banyak mendengar, dan gunakan 10% waktu tersebut untuk memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh calon customer.
  3. Terbuka mengenai anda dan produk anda. Kejujuran membuat ada dan produk anda lebih dipercaya, dan bisa meminimalisasi komplain dan ketidakpuasan di masa mendatang.
  4. Jangan menjual sesuatu yang sudah umum, juallah sesuatu produk yang memiliki differesiasi tinggi.
  5. Selalu optimis, jangan sekedar realistis. 
  6. Berdirilah ketika anda menjual melalui pesawat telepon, hal ini akan memberikan konsentrasi dan fokus yang lebih baik ketika anda berbicara dengan calon customer.
  7. Tindaklanjuti semua yang telah anda sepakati dengan calon customer, sampai pada saatnya anda mendapatkan keputusan ya dan tidaknya.
  8. Berikan waktu kepada calon customer untuk memutuskan dengan nyaman, jangan membuat mereka merasa ditekan dan dikejar-kejar.
  9. Perhitungkan berapa banyak jawaban "tidak" sampai anda mendapatkan jawaban "ya". Dari data tersebut anda bisa mengukur efisiensi dan efektivitas usaha anda dalam mendapatkan customer, dan hasil ini bisa dijadikan dasar dalam memperbaiki upaya-upaya penjualan di masa mendatang.
Demikian tips penjualan singkat ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.