Laman

  • Home

Kamis, 21 Januari 2016

Buku Saku Pemasaran Untuk UMKM

Buku Saku Pemasaran, Wacana Pemasaran Bagi UMKM


Menyusun Strategi Pemasaran Demi Kepuasan Konsumen

Berbicara mengenai strategi artinya juga berada dalam kondisi persaingan dengan kompetitor. Masing-masing berusaha menarik lebih banyak pelanggan demi kelangsungan usahanya. Dalam era persaingan bebas tidak ada satupun yang aman tanpa persaingan. Siapkah Anda berperang?


Kesiapan Anda akan tampak dalam strategi yang Anda buat. Apa saja strategi yang bisa diterapkan tersebut?


Layaknya peperangan ada dua strategi yang menjadi dasar yaitu menyerang atau bertahan. Mana yang Anda anggap paling sesuai ? 

Strategi Menyerang
 
Di sini Anda harus bersikap agresif dalam menjerat pelanggan. Tetapi ingat, agresif dalam arti Anda memiliki persiapan menyerang yang matang dan cukup kuat untuk menyerang. Bagaimana caranya agar Anda menerapkan strategi menyerang ini? Berikut beberapa contohnya:

o Melakukan promosi atau advertisement yang menerangkan bahwa perusahaan Anda memiliki fasilitas pelayanan lebih baik dibanding sebelumnya. Banyak jalan untuk mempromosikan usaha, misalnya dengan iklan di media massa maupun spanduk, leaflet atau billboard yang dipasang di lokasi strategis.
o   Memberikan hadiah (dapat berupa service gratis atau souvenir kecil) kepada pelanggan lama yang dapat membawa beberapa pelanggan baru (jumlah pelanggan baru ditetapkan berdasarkan atas biaya untuk hadiah yang diberikan).
o   dll 

Strategi Defensif atau Bertahan
 
Di sini Anda hanya mempertahankan yang sudah ada, mungkin yang Anda lakukan hanya meningkatkan fasilitas pelayanan yang Anda miliki. 

o Menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan pelanggan.
o Memberikan souvenir kecil pada pelanggan setelah beberapa kali menggunakan layanan Anda.
o  Mengirimkan kartu ucapan selamat pada hari-hari besar keagamaan bagi pelanggan setia, yang telah menjadi pelanggan cukup lama.
o   dll 

  • Membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menjadikan transaksi antara Anda dan pelanggan berkelanjutan. Misalnya dengan memberikan potongan harga pada hari-hari tertentu. 
  • Memberikan jaminan atas layanan atau produk yang Anda jual. 
  • Menciptakan hubungan personal karyawan/pemilik perusahaan dengan pelanggan, (customer relationship management). Keuntungan yang didapat dari hubungan personal ini, diantaranya adalah bila pelanggan mempunyai keluhan atas produk atau servis, mereka akan melaporkannya kepada karyawan/pemilik. Mereka juga bisa memberikan informasi apa yang mereka ketahui tentang pesaing. Tekankan kepada setiap karyawan untuk mengingat nama pelanggan yang datang dan mengetahui riwayatnya.Data riwayat setiap pelanggan itu penting sekali, dan Anda bisa menggunakan pemrograman komputer.
  • Mampu mengantisipasi perubahan atau penambahan harapan pelanggan dengan meningkatan kemampuan internal karyawan untuk pelayanan pelanggan, dan sebagainya.

Meningkatkan Kemampuan Menjual 

Sales lebih sederhana diterjemahkan sebagai sebuah teknik penjualan dalam sebuah perusahaan. Pekerjaan satu ini adalah lahan yang cukup positif dan memiliki peluang karir yang baik. Tentu saja jika Anda melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh. 

Tetapi mungkin bagi sebagian orang, pekerjaan di bidang penjualan ini adalah sesuatu yang sangat dihindari. Mengapa, karena banyak yang berpendapat jenis pekerjaan penjualan ini tergantung dari bakat Anda. Jika Anda mempunyai bakat menjual yang baik maka Anda pun akan sukses sebagai tenaga penjual. Sebetulnya pernyataan tersebut ada benarnya. 

Teknik menjual sebuah produk membutuhkan keahlian berbicara dan berkomunikasi persuasif. Sedangkan, tidak semua orang mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. tetapi bukan berarti bidang penjualan ini hanya berlaku bagi mereka yang punya bakat komunikasi tersebut. Dengan beberapa latihan dan kemauan keras, Anda bisa menjadi seorang tenaga penjual yang andal. 

Apa saja yang bisa dijadikan modal dasar menjadi tenaga penjual tersebut. Pertama yang harus Anda dalami adalah mental. Seorang tenaga penjual harus selalu mau belajar dan mempunyai kerendahan hati untuk koreksi diri secara terus-menerus. Menganalisis sebuah pengalaman menjadi pelajaran berharga untuk melangkah ke depan. 

Kemudian, pengetahuan dan informasi lengkap. Sebagai tenaga penjual, Anda harus mempunyai informasi lengkap tentang produk yang Anda jual untuk ditransfer kepada para konsumen. Pembeli tentunya ingin mengetahui dengan rinci produk yang ditawarkan kersebut. Dan sebelum yakin dengan paparan informasi Anda, mereka tidak akan memutuskan untuk membelinya. 

Satu-satunya cara agar meyakinkan pembeli adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Kemukakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dibandingkan produk lainnya. dengan begitu pembeli akan bisa membandingkan dan memutuskan keyakinannya. 

Ketiga yaitu mengasah kemampuan berkomunikasi persuasif dibantu dengan sarana-sarana yang memang diperlukan. Berbagai buku cara-cara berkomunikasi banyak tersedia, cukup dengan latihan sungguh-sungguh dan berani mempraktekannya, seseorang bisa menjadi tenaga penjual yang baik. 

Bagaimanapun, kemauan dan kerja keras adalah dua hal yang menjadi kunci keberhasilan Anda di segala bidang. 

Berlomba Memuaskan Pelanggan 

Dalam berbisnis ada dua faktor yang perlu diperhatikan baik-baik, yaitu pelanggan dan kompetitor. Anda harus selalu waspada akan dua faktor ini karena siapa tahu nanti Anda kecolongan pelanggan karena kelalaian mewaspadai langkah kompetitor. 

Jadi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui dengan pasti apa keinginan pelanggan? Cobalah slalu dapat memuaskan pelanggan. Untuk mengetahuinya, tentu saja harus diadakan survey. Ada banyak cara melakukan survey pasar dan tidak harus kaku atau terpatok pada aturan-aturan resmi. Anda bisa juga mewawancarai beberapa orang dengan cara mengobrol biasa. Gali dan temukan informasi dari berbagai sumber. 

Mengapa ini sangat penting? Karena seperti yang telah disebutkan di atas, jika Anda bersikap acuh, pelanggan bisa lari ke kompetitor Anda. Anda tidak akan mendapat uang dan kompetitor Anda akan semakin sukses. Mampukah Anda menghadapi situasi demikian? 

Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Anda bisa mendapatkan jawaban sesungguhnya apa yang bisa memuaskan mereka. Jangan sampai langkah Anda didahului kompetitor. Pelanggan terbaik Anda adalah juga prospek terbaik bagi para pesaing. Jika satu pelanggan lolos dari pegangan, maka Anda harus bertanya, apakah pesaing menawarkan produk atau jasa yang lebih baik, atau mungkin mereka lebih bagus dalam bisnis dibanding Anda. 

Ada beberapa pertanyaan dasar yang perlu Anda tanyakan kepada pelanggan seperti dikutip dari penulis buku, David. G: 

  • What do you like about buying from us?
  • Why did you buy from us in the first place?
  • What problems did you have before you bought from us?
  • How did we help you solve those problems?
  • How are things better for you now? 

Kembangkan metode survey usaha Anda misalnya dengan memulai beberapa brainstorming, focus group discussion, riset pasar, atau cara-cara lain. Mengetahui keinginan pelanggan itu penting, namun faktanya banyak perusahaan melupakannya. Jangan Anda melakukan hal yang sama.

Bagaimana Mempertahankan Konsumen? 

Jika ingin menjual produk dengan sukses, sebuah perusahaan harus selalu memperhatikan perilaku konsumen. Mengapa? Karena mereka adalah target utama pemasaran tersebut. Hanya saja, perilaku konsumen selalu berubah setiap waktu dan tidak bisa dipastikan kapan waktunya. 

Untuk mengetahui perilaku pasar, sebuah perusahaan perlu mengadakan riset pasar. Sehingga, produk yang ditawarkan akan diterima dan bisa memuaskan mereka. Cita rasa dan kebutuhan produk dan pelayanan makin meningkat dan bervariasi diiringi dengan daya kritis yang tinggi. Menghadapi tuntutan yang semakin canggih tersebut, ada beberapa hal yang perlu diingat: 
  • Sebuah perusahaan dituntut untuk menawarkan derajat kepuasan yang memenuhi harapan atau bahkan melampauinya.
  • Sebuah perusahaan juga harus mengantisipasi ancaman dari pesaing yang mungkin melakukan hal yang sama, atau bahkan melampaui apa yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.
  • Sebuah perusahaan juga harus memperhatikan kemampuan intern dalam menghadapi perubahan-perubahan. 

Dalam bisnis, Anda harus jeli melihat perkembangan bisnis terutama yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Hal paling penting, jangan kecewakan pelanggan. Jika kebetulan bisnis Anda mengalami penurunan, hal pertama yang berlu diselidiki adalah konsumen. Apakah konsumen sudah tidak puas dengan produk yang Anda tawarkan? Apakah kompetitor berhasil menemukan cara lebih baik? 

Saatnya mengadakan riset kecil dengan pelanggan, caranya bisa dengan: 
  • Berusaha lebih dekat ke pelanggannya sambil berbincang-bincang dengan mereka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendapat pelanggan terhadap pelayanan atau produk yang diberikan perusahaan Anda. Tanyakan juga apa yang diberikan kompetitor dan apa saja yang mereka ketahui tentang mereka.
  • Melakukan penyelidikan langsung ke kompetitor (marketing intelligence). 

Setelah riset dilakukan, Anda bisa mulai merumuskan permasalahan kemudian mencari solusi paling tepat untuk mengatasinya. 


Membangun Bisnis Via e-Mail Marketing 

Berkomunikasi melalui internet dan e-mail merupakan jalan terbentang bagi siapa saja. Kemudahan ini memberikan jalan untuk menghibur diri, meneliti ide-ide baru dan menemukan dunia baru. Dan tentu saja, internet telah memberikan peluang baru untuk menawarkan bisnis Anda. 

Sama halnya dengan beberapa metode advertising lainnya, dengan jalan internet ini biasa jadi merupakan cara efektif memasarkan bisnis. Namun tidak selalu semudah kedengarannya jika sudah dipraktekkan. 

Salah satu metode populer yang dikenal dalam memasarkan via internet ini adalah dengan menggunakan e-main untuk menggaet prospek. Advertising melalui e-mail telah melahirkan dimensi baru bagi perkembangan bisnis generasi teknologi masa kini. Berikut keuntungan utama yang bisa didapatkan dalam menggunakan e-mail sebagai media pemasaran bisnis: 
  • Jika Anda mencari peluang dengan e-mail maka pemasaran lewat internet adalah cara terbaik. Masing-masing prospek yang Anda sampaikan melalui marketing e-mail ini akan meungkinkan terjadinya follow up dan komunikasi cepat.
  • Bisa mengetahui hasil dengan cepat. Hanya melalui beberapa menit setelah kampanye melalui e-mail dilakukan maka Anda dengan cepat akan menerima permintaan informasi lebih dari para netter.
  • Anda bisa menargetkan penawaran kepada pengunjung website untuk memberikan tanggapan terhadap iklan Anda. Di sini Anda akan mengirimkan kepada konsumen prospektif mana yang sedang mencari bisnis. 

Walaupun e-mail marketing adalah salah satu cara mengagumkan untuk promosi bisnis, kebanyakan kampanye marketing ini kurang sukses. Oleh karena itu diperlukan tiga kunci agar kampanye tersebut sukses seperti dipaparkan berikut ini: 
  • Website yang buruk akan menghasilkan hasil buruk pula.
  • Jika daftar e-mail yang Anda punyai tidak mampu menargetkan penawaran Anda, maka hasilnya akan buruk. Sebelum Anda mempertimbangkan menggunakan daftar tersebut, carilah cara paling tepat bagaimana e-mail tersebut dikumpulkan.
  • Spamming akan membunuh bisnis Anda. 
Ingat, e-mail adalah sebuah cara baik untuk membangun bisnis Anda selama Anda menghindari kebangkrutan. Semoga sukses! 

Kemampuan Personal Sama Penting Dengan Teknik Penjualan 

Tidak sedikit orang yang selalu menghindari para pekerja sales yang menawarkan produknya. Ini adalah sebuah beban berat yang harus diterimanya sebagai bagian dari tanggung jawab. 

Sebenarnya, jika ingin merasa lebih baik tanamkan pikiran bahwa apa yang Anda rasakan dan yang Anda pikirkan akan turut menentukan bagaimana Anda melayani konsumen dan tentu saja berpengaruh pada penjualan. Maka, khusus bagi tenaga sales, sebelum memulai pekerjaan bagaimana menjual yang baik, perhatikan juga karakteristik mendasar manusia atau konsumen. 

  • Konsumen adalah sumber pendapatan Anda.
  • Jika Anda gagal memperoleh konsumen, maka Anda tidak akan mendapatkan uang. Dan jika tidak ada uang, maka tidak akan ada makanan. Sekarang, bagaimana Anda memandang konsumen, apakah Anda sudah mengerti dari mana datangnya makanan yang Anda makan?
  • Servis datang dari kepercayaan diri.
  • Dalam maksud untuk memenuhi servis penjualan yang baik, ada tiga hal yang harus disajikan kepada mereka yaitu, Anda harus percaya bahwa Anda bekerja untuk perusahaan terbaik, yakini bahwa Anda adalah orang terbaik dan yakini Anda memiliki produk terbaik. Sekarang tanyalah pada diri sendiri, apakah Anda percaya dengan kemampuan sendiri dan apa yang hendak Anda lakukan?
  • Kunci kesuksesan di lapangan bukan didapat dari sekolah atau kursus.
  • Semua didapat melalui learning by doing, perilaku positif, pencapaian tujuan, proses mendengarkan, dan tanggung jawab harus dipelajari sendiri. Jika Anda ingin sukses maka kuasai sikap-sikap ini. Pernahkah Anda mendengar sekolah atau kursus untuk mempertinggi tanggung jawab?
  • Perilaku menentukan tingkat pelayanan yang Anda tunjukkan.
  • Perilaku positif adalah landasan kehidupan dan menentukan faktor kemampuan pelayanan. Berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap harinya untuk membangun perilaku ini?
  • Kemampuan mendengar harus sama baiknya dengan kemampuan berbicara.
  • Mendengarkan menyediakan lahan lebih luas untuk penjualan dibandingkan berbicara. Lakukan proses mendengar efektif yaitu mendengar sekaligus memahami, tulislah jawaban sebelum berbicara.
  • Rasa tanggung jawab.
  • Tingkat tanggung jawab Anda menentukan persepsi konsumen.
  • Jangan anggap konsumen marah terhadap Anda.
  • Di sini mental harus dijaga karena tidak jarang sales mendapat kemarahan konsumen. Mungkin mereka marah karena lain hal atau tidak puas dengan produk Anda. Jadi jangan dibawa personal.
  • Anda mewakili karyawan lainnya di perusahaan Anda.
  • Jika Anda adalah tenaga sales yang baik maka konsumen akan berpikiran bahwa perusahaan Anda dipenuhi oleh orang-orang baik, begitu juga sebaliknya.
  • Servis adalah tentang perasaan.
  • Jika Anda bisa membuatnya tertawa maka Anda juga bisa membuatnya membeli. Oleh karena itu, sisipkan humor dalam usaha penjualan Anda.
  • Jangan ketinggalan informasi atau berita penting.
  • Ini baik sebagai penunjang pengetahuan Anda, sehingga konsumen tidak menganggap Anda tidak tahu apa-apa.
  • Kunci suksesnya adalah mulailah dengan kata, 'ya' dan jangan berlindung di balik kalimat kebijakan perusahaan.
  • Jangan berikan banyak kesempatan kepada konsumen untuk menghindar, berikan solusi jangan alasan-alasan 

Mencari Distributor Andal 

Memperluas pasar hingga ke mancanegara tidaklah mudah. Diperlukan kerja keras dan tekad kuat untuk membuatnya menjadi mudah. Buktinya, banyak home industri yang sukses memasarkan produknya di luar negeri. Apa kira-kira kunci kesuksesan mereka? 

Kuncinya sangatlah sederhana, yaitu membuat daftar distributor lokal yang potensial. Mulai menjalin hubungan dengan distributor ini kemudian akan terbuka jalan yang memungkinkan Anda berhubungan dengan distributor lain di negara-negara yang Anda inginkan. Juallah produk Anda dengan harga semurah mungkin, sehingga sang distributor mampu menjualnya dengan harga kompetitif.  

Tetapi, menjual produk dengan harga murah bukan berarti merugi. Terapkan harga murah namun masih mendapatkan profit lumayan. Usahakan agar produk Anda di negara tersebut mendapat kesempatan dalam acara pameran produk. Memang tidak semua produk bisa mendapatkan kesempatan ini. Untuk produk lain bisa ditempuh dengan jalan periklanan internasional dan kampanye promosi. 

Mendapatkan pelanggan di luar negeri bukan mustahil, di sini Anda harus jeli dalam melakukan kerjasama dengan distributor tersebut. Maka, Anda tentu perlu memeriksa dengan teliti dengan rekan kerja atau distributor potensial ini. Salah memilih distributor maka bisnis Anda bisa terancam. 

Lalu bagaimana caranya mendapatkan distributor yang berkualifikasi baik? Cara paling baik adalah melalui informasi dan rekomendasi dari perusahaan lain yang terbukti sukses dengan bantuan distributor tersebut. Jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi ini, atau tidak ada distributor yang ahli di wilayah Anda, bisa juga mencari distributor asing di acara trade show

Mungkin juga mencari lewat publikasi perdagangan atau petunjuk-petunjuk lainnya. Intinya, yakinlah bahwa Anda mendapatkan referensi yang baik tentang distributor tersebut, baik dari segi kredit maupun penjualannya sebelum menandatangani kontrak kerjasama. 


Menciptakan Rencana Marketing Sempurna 

Dalam membuat rencana marketing yang baik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti dipaparkan berikut ini: 

Pertama: Pasar
 
Langkah pertama pada setiap rencana marketing harus bisa mengevaluasi keseluruhan pasar potensial untuk masing-masing kategori. Misalnya dengan menjawab pertanyaan seberapa besar pasar potensial ini, berapa banyak bisnis atau orang yang menggunakan produk tersebut, apakan pasar ini berkembang atau mengalami kebangkrutan dan sebagainya. 

Secara umum, sebuah pasar yang sedang berkembang adalah pilihan yang paling banyak diminati. Tidak hanya karena mempunyai potensial penjualan yang baik tetapi biasanya lebih mudah dimasuki dan mudah membangun penjualan di tempat sedang berkembang. Namun, bagi perusahaan yang sangat kecil, pasar besar bisa menjadi pisau bermata dua. Pada sisi positif tentu saja terdapat penjualan besar yang potensial. Namun, pada sisi negatif terdapat kompetisi dari perusahaan besar yang dengan mudah mendapatkan akses pasar. 

Kedua: Segmentasi pasar
 
Hampir semua pasar mempunyai segmen utama dan khusus. Tidak mungkin bagi perusahaan kecil untuk berkompetisi kecuali mereka mempunyai pasar yang disegmentasikan. Cara segmentasi bisa didapat dari banyak cara, misalnya saja bisa disegmentasikan melalui harga dan kualitas poin. Namun sebenarnya, harga dan kualitas mungkin bukan cara paling jelas dan juga bukan definisi yang tepat dari segmentasi pasar. Alasan-alasan kuat yang mendukung segmentasi lebih sering ditemui melalui sebuah percobaan penggunaan produk dan keuntungan yang diterima konsumen dari produk tersebut. 

Misalnya, pasar otomotif dibagi dalam beberapa model atau merek seperti model station wagons, sedan, pickup dan mobil sports. Masing-masing disegmentasikan berdasarkan kategori dan kemudian mungkin akan diperkecil lagi dengan mengkategorikannya dalam harga dan kualitas. 

Ketiga: Analisis konsumen
 
Anda harus mengevaluasikan jenis-jenis konsumen dalam target segmen pasar Anda. Terdapat banyak pola perilaku yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan. Cobalah untuk memfokuskan diri pada pola perilaku tersebut yang akan menentukan kelangsungan produk Anda di pasaran. 

Keempat: Keistimewaan produk dan keuntungannya
 
Sangatlah penting untuk membuat perbedaan jelas antara keistimewaan produk dan keuntungan yang bisa diraih konsumen dari keistimewaan produk tersebut. Beri perhatian pada keuntungan konsumen yang didapatkan dari keistimewaan tertentu. Evaluasi yang hati-hati dari keuntungan produk ini akan membantu Anda dan lainnya untuk yakin bahwa possisi produk ini benar. Anda harus bisa menentukan apakah ciri-individual ini bisa dijadikan dasar promosi dan program advertising. 

Kelima: Penjualan
 
Jangan pernah berasumsi sebuah chanel sesuai untuk penjualan produk baru hanya karena Anda memiliki kekuatan penjualan atau metode penjualan produk tertentu. Misalnya Anda ingin menjual dengan berdasarkan positioning produk. Positioning produk bisa mempengaruhi bagaimana produk tersebut harusnya dijual. Tentukan strategi penjualan yang tidak hanya terdiri dari satu teknik saja. Jika rencana positioning produk tersebut memerlukan nilai penjualan, mungkin Anda ingin mempertimbangkan kembali rencana positioning tersebut. Tanyakan apakah Anda bisa memenuhi biaya ekstra dan energi untuk strategi lain. 
 
Keenam: Advertising dan promosi
 
Dasar dimulainya rencana advertising dan promosi adalah statement positioning yang dianalisa dengan keistimewaan produk dan keuntungan konsumen. Misalnya saja, Anda bisa membuat statemen positioning semacam 'satulelaki, gaya hidup lelaki modern' atau sebagainya. Tentukan keistimewaan produk yang Anda jual dan lain dari produk lainnya. Tentukan medium yang bisa meningkatkan program promosi. 

Ketujuh: Reaksi kompetitif
 
Jika penjualan produk Anda mencapai hasil yang terus meningkat, persiapkan diri dari reaksi dari kompetitor. Misalnya kompetitor akan mencoba menurunkan harga agar para konsumen beralih padanya. Hati-hati, ini bisa membahayakan bisnis Anda, jangan bertarung dengan harga. Lebih baik cobalah menargetkan bagian kecil pasar yang secara langsung bukan bagian dari target pasar kompetitor tersebut. Cobalah berpikir tentang masalah kompetisi ini sebelum mengimplementasikan strategi marketing. 

Kedelapan: Sasaran jangka panjang
 
Rencana marketing yang sempurna belum lengkap tanpa menyertakan tujuan jangka panjang. 

Sembilan: Proforma
 
Tidak ada rencana marketing yang sempurna tanpa proyeksi kuantitas dari keuntungan masing-masing produk. Ini sangat berbeda dari rencana tahunan dari bisnis secara keseluruhan. 

Tips Menjamin Press Release Menjadi Berita Penting 

Fungsi press release sangat penting dalam proses marketing produk sebuah perusahaan. Ini adalah salah satu cara atau bagian dari kegiatan promosi dan salah satu pekerjaan public relation. Bagi kantor-kantor pemerintahan atau perusahaan tertentu, press release digunakan sebagai media pengumuman kepada masyarakat. 

Sayangnya, tidak semua orang senang membaca press release ini karena bagi mereka ini hanyalah bagian daripada iklan. Ada beberapa faktor yang bisa membuat lembaran informasi ini menarik perhatian para pembacanya. Berikut sepuluh tips sederhana yang bisa Anda pertimbangkan: 

  1. Buatlah informasi yang Anda tulis dalam press release itu bernilai berita tinggi.
  2. Batakan kepada audience bahwa informasi tersebut ditujukan untuk mereka dan berikan alasan mengapa mereka harus meneruskan membacanya.
  3. Tanyakan kepada diri Anda sendiri, "Bagaimana orang-orang akan menghubungkannya dengan produk atau perusahaan Anda dan apakah mereka dapat berhubungan dengan Anda?
  4. Mulailah dengan ringkasan atau deskripsi singkat tentang berita tersebut kemudian tentukan pula siapa yang menyebarkan pernyataan ini.
  5. Pastikan sepuluh kalimat pertama yang Anda tulis adalah efektif, dengan kata lain 10 kalimat paling penting yang harus diketahui konsumen.
  6. Hindari kalimat-kalimat ungkapan, kata sifat yang bisa mengundang arti ganda.
  7. Tulislah sesuau yang realistis, jangan terlalu dibesar-besarkan.
  8. Lengkapi dan penuhi diri Anda dengan sebanyak mungin informasi melalui hubungan untuk mencari informasi, baik secara individual, alamat, telepon, fax, e-mail, website dan lain-lain.
  9. Pastikan Anda menunggu hingga mendapatkan sunbsansi yang cukup untuk melemparkan release. 
  10. Buatlah semudah mungkin bagi media untuk menyajikannya, jangan mempersulit kerja mereka.
Semoga dengan sepuluh langkah sederhana ini, proses penyebaran press release Anda berjalan lancar. 


Mengatur Marketing Komunikasi 
Untuk membuat keuntungan perusahaan, Anda memerlukan sebuah strategi yang dapat memformulasikan kebutuhan-kebutuhan Anda secara strategis. Caranya dengan mengeksplorasikan seluruh pilihan marketing komunikasi dan maksimalkan peluang mendapatkan penghasilan keseluruhan. 
Bagaimana caranya Anda mendapatkan keuntungan tersebut yaitu dengan cara mempelajari bagaimana memanage program marketing komunikasi secara keseluruhan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempermudah memanage marketing komunikasi ini, yaitu: 
  • Temukan bagaimana caranya menciptakan persepsi dari tujuan utama produk tersebut. Sebuah produk tentunya memiliki tujuan utama yang dimaksudkan bagi konsumen, ciptakanlah persepsi tujuan tersebut agar proses marketing menjadi lebih mudah.
  • Identifikasikan segmen pasar yang paling menguntungkan untuk mencapai target. Segmentasi pasar sangatlah penting dalam tujuan penjualan produk. Untuk mengidentifikasikannya, Anda bisa mempelajari pola perilaku pasar. Dari sana akan ditemukan berbagai karakteristik yang bisa menentukan langkah marketing selanjutnya.
  • Optimalkan nilai hubungan antar konsumen yang menjadi daerah marketing komunikasi Anda. Hubungan dengan para konsumen adalah langkah baik untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan produk tersebut juga untuk mempermudah proses penjualan.
  • Bangun strategi tingkat pendapatan yang sekaligus menghasilkan suport manajemen. Strategi adalah seseuatu yang wajib dimiliki, strategi ini dimaksudkan sebagai panduan dalam menentukan langkah praktis.
  • Identifikasikan teknologi media baru untuk mengintegrasikan komunikasi.
  • Tingkatkan hubungan baik dengan media dengan mengkoordinasikan startegi advertising dan strategi public relation. Media massa adalah chanel paling efektif dalam proses marketing. 
Demikianlah beberapa langkah yang bisa ditempuh dalam proses marketing komunikasi.


Menjadi Sales Manager 

Dari namanya saja, Anda sudah bisa membayangkan apa yang disebut dengan Sales Manager atau dikenal dengan Manajer Penjualan. Tidak jauh beda dengan tugas bidang marketing, Manajer Penjualan juga mempunyai peran sebagai mediator penjualan produk atau jasa perusahaan. 

Keberhasilan sebuah produk di pasaran tergantung dari usaha manajer ini. Ibaratnya, seseorang yang menjabat Manajer Penjualan adalah seseorang yang berada di ujung tombak perusahaan. Dia akan memimpin usaha penjualan melalui berbagai cara, termasuk memimpin armada salesman. Sebagai seorang manajer penjualan, Anda harus mendapat target penjualan. Jika tidak maka peran Anda bisa dikatakan mengalami kegagalan. 

Ingat, jabatan ini tidak harus turun langsung ke lapangan. Melainkan bertugas memantau dan mengatur strategi pemasaran yang jitu agar para anak bauhnya mampu menjual produk sesuai target. Bisa saja Anda turun langsung, namun bukan berarti sebuah kewajiban. Selain strategi pemasaran tersebut, Andaa juga harus mempelajari jiwa kepemimpinan sebagai seseorang yang diandalkan oleh para anak buah Anda, seseorang yang mampu membangkitkan mental positif bagi karyawannya. 

Seperti yang diketahui, bergerak dalam hal pemasaran dan penjualan membutuhkan mental kuat karena harus menghadapi berbagai konsumen yang belum tentu akan membuat hari Anda cerah. Untuk menghindari salah tafsir antara Sales Manager dan Salesman, berikut beberapa tugas utama yang menjadi makanan sehari-hari seorang Sales Manager, yaitu: 
  • Merencanakan strategi penjualan sampai purna-jualnya, yaitu siapa sasaran, wilayah, rincian target, salesman, cara, perlengkapan, layanan purna-jual.
  • Merencanakan cara-cara atau taktik pencapaian target penjualan.
  • Menentukan prasyarat dan target bagi anggota tim, mengorganisir tim.
  • Memilih dan menentukan pembekalan atau jenis pelatihan untuk individu dan tim agar mencapai target.
  • Melakukan pembagian tugas.
  • Memonitor proses penjualan, mulai dari kontak pertama sampai penjualan terjadi, pembayarannya, sampai layanan after-sales (purna-jual).
  • Meneladankan langsung kegigihan menjual.
  • Menjaga semangat keseluruhan tim.
  • Mengelola sistem pencatatan dan pelaporan proses dan hasil penjualan.
  • Selalu mencari cara-cara baru untuk meningkatkan kinerja timnya.
  • dll 
Demikian beberapa tugas utama yang menjadi tanggung jawab seorang Sales Manager. Diharapkan dengan melakukan semua tugasnya tersebut, sebuah perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. 

Meningkatkan Hasil Lewat Pelanggan 
 
Untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya, jangan hanya menunggu pemasukkan dari produk utama yang Anda jual. Anda juga bisa menambah pemasukan tambahan melalui pelanggan yang selama ini menjadi pembeli setia di tempat Anda. 
Pelanggan adalah sumber dan aset terbesar dalam usaha yang dijalankan. Tanpa mereka sebagai pembeli, siapa yang akan memberikan keuntungan dan pemasukan? Jadi jangan sia-siakan mereka, lakukan pendekatan dengan menjadikannya sebagai 'raja'. Dengan begitu, mereka akan betah dan setia. Nah, saatnya Anda mempergunakan kesempatan ini sebagai lahan mencari tambahan keuntungan. 
Caranya dengan menyisipkan produk baru ketika pelanggan sedang berada di tempat Anda. Tawarkan produk tersebut ketika mereka membeli keperluan lain, siapa tahu, mereka tertarik dan membelinya. Maka pendapatanpun bertambah. Ada beberapa cara untuk menambah penghasilan bisnis dari pelanggan, yaitu: 
  • Tawarkan produk tersebut kepadanya. Jangan menggunakan cara frontal, cobalah dengan sedikit pemanis dan kalimat-kalimat pembukaan yang bisa menyedot rasa ingin tahunya. Karena mereka sering datang ke tempat Anda, pasti Anda sudah mengenalnya bukan. Oleh karena itu, jangan perlakukan konsumen sebagai pembeli hari itu saja, melainkan untuk seterusnya dengan memberikan pelayanan sempurna.
  • Sebagai permulaan, Anda bisa memberikannya secara cuma-cuma sebagai produk contoh. Semua itu disertai nilai-nilai produk yang akan mereka dapatkan jika mereka membelinya disamping barang-barang yang telah mereka beli.
  • Menawarkan produk pelengkap. Jika pelanggan Anda sudah menunjukkan tanda-tanda setuju dengan harga sebuah produk, tawarkan produk pelengkap lainnya. Misalnya, pelanggan membeli alat mengepel lantai, tawarkanlah kain sebagai pelengkapnya. Dijamin, pelanggan Anda akan mengatakan "OKE". Kemudian sebulan setelah pembelian itu, tawarkan hal yang sama kepada pelanggan itu (dengan produk berbeda). dengan menggunakan teknik ini, maka pendapatan Anda akan bertambah beberapa persen dengan biaya pengeluaran yang rendah.
  • Daripada Anda menerangkan dan memberikan informasi gratis tentang produk atau perusahaan, sebaiknya buatlah informasi lengkap tersbeut dalam sebuah buku atau booklet. Kemudian, tetapkan harga dan jual di tempat-tempat yang sesuai. Jika memang produk atau perusahaan tersebut bernilai, pasti komsumen akan membelinya dan Anda akan mendapat tambahan pemasukan.
  • Buatlah produk Anda menjadi lebih besar dalam hal kuantitas. Misalnya saja produk minuman Pepsi yang memproduksi sendiri kaleng minumannya.
  • Undanglah para pelanggan dalam sebuah moment yang bisa menambah pendapatan Anda. Misalnya saja melalui obral setiap bulan atau tiga bulan sekali. Para pelanggan akan terus mendatangi dan membeli produk Anda. 

 Tips Marketing Internet 
 
Pada dasarnya, tahap-tahap marketing adalah sama, namun ada ciri khusus untuk marketing pada bisnis online. Bisnis ini memang telah menjamur ke Indonesia.Berbagai pilihan situs juga mulai menyemarakkan persaingan. Ini sebabnya mengapa tips marketing bisnis online perlu ditingkatkan. Anda ingin mendapat untung bukan? 
Dalam menjalankan sebuah bisnis, keahlian memasarkan produk dan jasa adalah faktor sangat penting. Apalagi kini berbagai perusahaan menawarkan kelebihan-kelebihan dibandingkan perusahaan website lainnya. Ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi usaha memasarkan bisnis online Anda seperti dipaparkan berikut ini: 
  • Pasarkan website Anda sama baiknya dengan memasarkan secara online. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan cara membuat iklan-iklan di media massa. Bisa juga membuat leafleat, brosur, billboard dan sebagainya. Jadi, gerakan promosi sebaiknya tidak hanya dilakukan secara online. Ini akan mendukung promosi lebih baik dan mungkin lebih sukses.
  • Dasar marketing terletak pada jalinan hubungan, kualitas dan nilai. Oleh karena itu, bangunlah hubungan yang baik melalui sharing dan komunikasi baik dengan kompetitor, klien maupun konsumen. Tawarkan kualitas dan beberapa nilai kepada konsumen Anda. Jadikan diri atau perusahaan Anda sebagai pusat informasi yang akan menjaga konsumen potensial Anda terus datang dan membutuhkan Anda.
  • Tawarkan sesuatu dengan cuma-cuma. Ini bisa berarti memberikan informasi, pelayanan atau produk dengan cuma-cuma. Ibaratnya Anda sedang melakukan sebuah kontes, Anda sebaiknya memberikan fasilitas kemudahan bagi para konsumen untuk menarik minatnya agar mengunjungi situs Anda. Undanglah mereka untuk melihat situs tersebut dan cobalah memintanya untuk menyebarluaskan bisnis online Anda. Gunakan imajinasi Anda, carilah sesuatu yang berbeda yang bisa diberikan secara cuma-cuma dan berbeda dengan bisnis online lainnya.
  • Jadilah seseorang yang proaktiv dalam usaha memasarkan produk tersebut. Jangan hanya menunggu datangnya konsumen tetapi Anda justru harus mencari dan mendekatinya. Misalnya dengan mengikuti diskusi online pada situs lain, memasuki chat room dan banyak lagi. Kini tersedia banyak ruang untuk menjalin hubungan melalui online. Nah, pergunakanlah kesempatan tersebut.
  • Gantilah materi atau content situs Anda setiap hari. Ini dimaksudkan agar isi situs Anda tetap fresh, menarik dan aktual. Sehingga para konsumen tidak merasa bosan. carilah sesuatu yang baru yang bisa membangkitkan rasa ingin tahu mereka.
  • Carilah pengetahun dan pengalaman. Jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah Anda miliki dan lakukan. Terus belajar dan mencari seseuatu yang berbeda dalam hal marketing. Caranya, Anda bisa belajar dari seseorang yang telah berpengalaman, mintalah saran darinya. Atau Anda juga bisa mencari informasi dari berbagai situs yang menawarkan cara-cara marketing yang baik. 

Meningkatkan Pasar Produk Baru 
Tidak sedikit orang yang takut menciptakan sebuah produk baru untuk dipasarkan. Alasannya tentu saja karena takut mengalami kagagalan. Sebaiknya, sebelum memulai usaha sebuah produk baru Anda harus siap mental dan pengetahuan tentang masalah penjualan produk baru. Kegagalan hanyalah proses menuju keberhasilan. Bukan begitu? 
Seperti dikutip dari majalah Swa, sebuah produk baru dinyatakan berhasil jika bisa mencapai titik impas pada tahun ketiga. tentu saja harus disertai dengan peningkatan dalam berbagai hal diantaranya penjualan, penguasaan pasar, brand awareness serta keuntungan yang diraih perusahaan. 
Beberapa ahli di bidang ekonomi telah mengkaji hal-hal yang dianggap sebagai faktor pendukung keberhasilan sebuah produk baru di pasar ekonomi. Berikut beberapa faktor yang dinyatakan oleh Handi Irawan D, Direktur Pengelola Frontier Marketing & Research Consultant bersama beberapa pakar ekonomi lainnya: 
  • Pertama yaitu Marketing Information System ; Sistem ini merupakan studi awal ketika produk masih dalam angan-angan atau masih dalam sebuah rancangan yang belum diimplementasikan. Keberhasilannya sangat tergantung pada kemampuan perusahaan mengelola komponen-komponen sistem informasi pemasaran, seperti data-data internal, riset pasar dan intelijen pasar. data-data tersebut dijadikan sebagai sumber informasi yang sangat berguna bagi perusahaan sebagai konsep produk yang orisinal dan prospetif di masa depan.
  • Faktor kedua, Capitalizing Opportunity; Artinya adalah waktu dan kecepatan. Dalam melakukan sesuatu kita harus melaihat situasi, kondisi serta waktu yang paling tepat. Begitu juga dalam melakukan sebuah peluncuran produk baru. Produk baru akan sukses bila diluncurkan pada saat yang tepat dan cepat. Siapa yang pertama masuk ke pasar, biasanya akan mendapat keunggulan bersaing. Menjadi yang pertama dalam pikiran konsumen adalah kekuatan tersendiri dalam menciptakan pasar. Keuntungannya, biaya pemasaran sebagai penggerak utama bisa lebih efisien.
  • Ketiga, Segmentation & Targeting; Ini salah satu strategi pemasaran yang sangat penting. Segmentasi yang efektif membuat perusahaan akan berpikir kreatif. Selain itu, segmentasi yang tepat akan menjadikan perusahaan mampu memobilisasi sumbernya menjadi lebih efektif. Akhirnya, pemilihan target segmen yang tepat akan menciptakan keunggulan bersaing bagi produk baru tersebut.
  • Selanjutnya, Positioning; Ini adalah salah satu unsur yang mutlak mendukung pemasaran produk baru. Seperti sering dikemukakan, pemasaran adalah peperangan persepsi. Untuk itu, membentuk persepsi di benak konsumen adalah sangat penting yang membedakannya dengan para kompetitor lainnya. Jika berhasil memosisikan produk di benak konsumennya dengan jernih, dipastikan bisa menjadi anak tangga sukses produk baru.
  • Delivery; Tantangan pemasar saat ini adalah loyalitas yang cenderung menurun. Berbagai pesaing muncul menawarkan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Di sini loyalitas konsumen diuji, dengan banyaknya alternatif tersebut, perusahaan harus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Salah satu penyebab turunnya loyalitas adalah alternatif akses dan distribusi yang cepat dan kreatif. Tak mengherankan, buat produk-produk baru yang sukses, biasanya dipengaruhi oleh kemampuan menformulasi dan mengimplementasi strategi distribusinya. Apalagi, sekarang telah berkembang teknologi informasi yang mendukung pengembangan strategi distribusi lebih cepat, akurat dan meyakinkan.
  • Product/Service Differentiation; Konsumen membeli karena nilai yang diperolehnya. Sumber nilai ini bisa dari fitur yang tepat misalnya karena untuk sesuai kebutuhan atau karena penciptaan manfaat baru, atau pula karena aplikasi baru. banyak produk gagal karena sekadar ikut-ikutan tanpa mampu memberikan ciri khasnya, tanpa berani tampil beda. Apabila kompetisi berlangsung amat dahsyat, perbedaan yang sedikit sekalipun jauh lebih berarti ketimbang memberikan produk tanpa nilai tambah apa-apa. Oleh karena itu, berikan nilai melalui ciri khas produk yang membedakannya dengan produk lain.
  • Terakhir, Promotion Creativity; Salah satu biaya pemasaran yang besar untuk produk baru adalah biaya promosi. Promosi menjadi ujung tombak berhasilnya sebuah produk dipasarkan. Jika promosi dilakukan secara tidak kreatif, mana mungkin bisa mendatangkan hasil yang besar. Itu sebabnya sangatlah lumrah jika biaya promosi ini disediakan dalam jumlah besar. Ini juga berguna untuk menanamkan persepsi baik di benak konsumen tentang produk yang ditawarkan tersebut. Maka, tak mengherankan sukses-gagalnya produk juga dipengaruhi kreativitas dalam berpromosi. Apalagi untuk produk konsumsi, aspek promosi akan sangat menentukan, terutama dalam iklan. 
Demikianlah beberapa faktor pendukung yang menjadikan sebuah produk baru diterima masyarakat dan mendatangkan keuntungan seperti yang diharapkan. Jadi, hilangkan rasa takut kegagalan. Cobalah untuk bangkit dengan berbagai pengetahuan yang Anda dapatkan. 


Menjalin Hubungan Demi Promosi 
Seorang atasan biasanya disegani para karyawannya. Namun, tak sedikit juga yang ditakuti. Jika hubungan antara karyawan dan bos dilandasi rasa takut, bagaimana perusahaan akan berjalan baik karena hubungan tersebut merupakan landasan suksesnya perusahaan. 
Wajar jika bos memiliki sikap arogan, karena jabatan yang disandangnya adalah jabatan tertinggi. Jadi, jangan berharap bos mau beramah tamah dengan Anda. Anda harus memulainya terlebih dahulu, ikuti cara main bos. Tetapi jangan gunakan cara-cara yang licik. Tunjukkan saja kualitas kerja disertai komunikasi pergaulan yang baik. Niscaya bos akan melihat sisi emas yang Anda miliki. 
Lalu, apa saja yang bisa dilakukan sehingga mampu mencuri hati bos yang keras itu? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan: 
  • Semakin bos Anda melihat komitmen kerja yang Anda tunjukkan, maka ia akan semakin menaruh perhatian pada kesuksesan Anda. Oleh karena itu, tunjukkan komitmen Anda di perusahaan yang juga ikut menunjang karir bos. Dengan begitu bos akan menghargai karya dan kerja keras Anda. 
  • Jangan selalu mengikuti pendapatnya, sebaiknya kemukakan pendapat Anda sendiri. Jika ternyata berbeda, berikan argumen-argumen yang mendasari pemikiran Anda. Jangan ajak si bos untuk adu argumen, tetapi ajaklah ia untuk masuk dalam pemikiran Anda kemudian carilah jalan tengahnya. Ingat, jangan sekali-sekali bersikap menggurui. 
  • Gunakan kesempatan luang untuk bertukar pikiran atau sekedar ngobrol-ngobrol ringan. Mintalah pengalaman atau triknya dalam menghadapi masalah sehingga bisa mencapai sukses. Pada saat ini, akan lebih baik jika Anda memperlakukan bos sebagai teman sejawat namun tetap dihormati.
  • Identifikasikan kepribadian atau nialai-nilai yang dimiliki si bos. Apa yang dianggapnya penting dan sangat berharga. Misalnya, masalah waktu, untuk itu Anda juga harus menunjukkan perhatian terhadap waktu misalnya dengan cara tidak datang terlambat atau mengerjakan tugas dan selesai tepat pada waktunya. Anda benar-benar harus mengetahuinya karena dengan begitu Anda bisa memprediksikan reaksinya terhadap perilaku atau pemikiran yang Anda sampaikan.
  • Tunjukkan antusiasme kerja Anda dengan melakukan segala pekerjaan dengan baik dan cepat. Jangan banyak menggerutu. Pekerjaan yang sempurna akan membuat penilaian tersendiri di benak bos.
  • Loyalitas terhadap atasan. Jika Anda ingin bos menjadi loyal kepada Anda, maka Andapun harus bertindak hal yang sama. Tugas Anda adalah membantu pekerjaan bos sehingga mencapai keberhasilan. Dengan begitu, ia juga akan menunjukkan loyalitasnya kepada Anda. Lebih baik Anda bertindak, maka hasil yang akan diterimapun lebih baik.
  • Mintalah lebih banyak tanggung jawab yang dibebankan kepada Anda kemudian carilah jalan untuk menyelesaikannya dengan baik. Di sini Anda harus pandai mengukur diri, jika dirasa tidak mampu sebaiknya jangan memberanikan diri berbuat demikian karena ini justru akan menjadi bumerang bagi Anda. Lebih baik bersikap jujur daripada berpura-pura hanya untuk mencari simpati bos. 
Jika Anda melaksanakan ketujuh langkah tersebut, maka kesempatan promosi jabatan, kenaikan gaji dan sebagainya akan lebih besar. 
  
Alasan Mengapa Pelanggan Menghilang 
Dalam sebuah bisnis yang sukses, pasti tidak akan melupakan keberadaan pelanggan yang merupakan eleman sangat penting. Pelanggan, selain menjadi sasaran pasar juga merupakan sumber masukan baik berupa keuntungan maupun kritik dan saran. Jika Anda ingin bertahan, sebaiknya hormatilah pelanggan. Jika tidak, Anda akan merugi dan tak akan mencapai sukses. 
Persaingan ekonomi dan bisnis semakin gila, jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa tenggelam dalam kompetisi yang sangat merugikan. Untuk menjaga agar hal-hal tersebut tidak terjadi, selain strategi bisnis yang Anda jalankan, Anda juga harus memperhatikan lingkungan, salah satunya adalah kepuasan pembeli. Konsumen adalah jantung perusahaan Anda, oleh karenanya kembangkan sikap positif dalam menghadapi mereka. 
Jika Anda telah berhasil mendapat simpati konsumen, maka kepercayaannya semakin bertambah dan akhirnya mereka menjadi pelanggan tetap Anda. Usaha Anda bisa dibilang sudah setengah jalan, tinggal bagaimana mempertahankannya. Perlu Anda ketahui, ada beberapa hal yang bisa membuat pelanggan Anda lari dan tidak kembali lagi. Makanya, sebaiknya Anda menghindari tujuh hal tersebut seperti dipaparkan berikut ini: 
  • Ketidakmampuan memberikan rasa aman kepada pelanggan ketika mereka memesan atau berbelanja. Untuk menghindarinya, buktikan bahwa usaha Anda aman dan jangan sungkan selalu mengingatkan mereka bahwa Anda akan berbisnis dengan aman.
  • Anda tidak membuat iklan yang menarik. Iklan adalah alat promosi yang paling efektif. Jika Anda kurang memperhatikan ini, mana ada pelanggan yang betah? Misalnya saja, tulisannya tidak menarik, gambarnya yang kurang cerah atau pencantuman keterangan perusahaan yang kurang jelas.
  • Anda kurang berlaku ramah kepada pelanggan dengan tidak mengucapkan kata-kata agar membuatnya kembali mengunjungi bisnis Anda. Biasanya, pembeli tidak datang membeli pada kunjungan pertama, mereka lebih senang melihat-lihat dulu, jika sambutannya kurang menyenangkan, tentu saja pelanggan menjadi keki.
  • Jangan terlalu pelit memberikan informasi tentang usaha Anda kepada mereka. Mereka akan merasa lebih nyaman jika mengenal kepada siapa mereka membeli barang ini. Namun, ini juga harus dipilah-pilah, mana yang pantas diberikan dan mana yang tidak. Misalnya sejarah perusahaan, profil karyawannya dan sebagainya.
  • Jangan lakukan pekerjaan tanpa profesionalitas. Bagaimana rasanya ketika Anda sangat dikejar waktu namun karyawan bersikap lamban, tentu akan mengesalkan, pelangganpun tak puas.
  • Jangan memberikan pelanggan terlalu banyak pilihan. Perlakukan mereka layaknya tamu, berikan informasi keuntungan dan kekurangan akan sesuatu yang mereka butuhkan dari bisnis yang Anda jalankan.
  • Jangan bersikap tak acuh. Mintalah saran-saran membangun, juga atasi ketidakpuasan yang diterima pelanggan. Untuk selanjutnya Anda memberikan jaminan agar pelanggan tak lagi merasa kecewa. Dengan begitu pelanggan akan yakin dan mau kembali datang ke tempat bisnis Anda. 

Jadilah Yang Pertama Dalam Teknik Marketing 
Seringkali sebuah bisnis membangun strategi marketingnya berlandaskan merek dengan kualitas yang dimilikinya. Dengan mengklaim bahwa produk Anda adalah yang terbaik, maka sebenarnya pernyataan tersebut akan dicurigai konsumen. 
Lalu bagaimana caranya agar orang lain menganggap bisnis Anda adalah yang terbaik? Bagaimana seseorang menyatakan superioritas tanpa mengeluarkan pernyataan langsung? 


Yang Pertama Yang Akan Memimpin
 
Jika Anda termasuk orang yang pertama dalam sebuah kategori, Anda akan termasuk salah satu yang terbaik. Secara alamiah manusia akan menganggap superior pada produk yang muncul pertama kali dalam sebuah kategori. Namun jika Anda bukanlah yang pertama, Anda bisa menciptakan posisi Anda sendiri. 
Jika tidak ada kategori yang bisa menempatkan Anda pada posisi pertama, ciptakanlah kategori sendiri. Dengan demikian, maka para kompetitor akan sulit mengkopi hal yang sama dengan yang Anda lakukan. Jika mereka tetap melakukannya, maka usaha marketing mereka malah akan mengingatkan orang akan Anda. 
Menjadi yang pertama dalam pasar bisnis tak sepenting menjadi yang pertama dalam pikiran konsumen pasar. Jika Anda lebih dulu menempati posisi pertama maka tak ada seorangpun yang bisa mengambil posisi tersebut. Maka, menjadi orang yang pertama bisa menjadi jaminan posisi Anda selanjutnya. 
Anda tidak perlu menjadi yang pertama dalam hal produk atau servis, yang penting menjadi pertama dalam pikiran konsumen. Karena dengan begitu, konsumen secara otomatis akan menganggap Anda adalah yang terbaik. Jadi, ini adalah langkah efektif daripada menjadi yang terbaik. 

Ciptakan Kategori Anda Sendiri
 
Lihatlah ke dalam hidup Anda, apa hal yang paling Anda ingat? Misalnya saja ciuman pertama, cinta pertama, pekerjaan pertama dan sebagainya. Lalu apakah Anda mengingat cinta ke dua, ciuman ke tiga dan seterusnya? Rasanya tidak seperti mengenang sesuatu yang pertama. Dan hal itu juga berlaku dalam teknik marketing. 
Banyak orang berusaha berkompetisi, namun kadangkala mereka gagal menciptakan ketertarikan seseorang dengan memberikan gambaran kesan pada sebuah kategori. Masyarakat akan mengetahui dan mengingat siapa yang pertama kali dalam sebuah kategori, tetapi tidak, untuk yang ke dua, ke tiga atau seterusnya. 
Sekali lagi, jika tidak ada kategori yang memungkinkan Anda menjadi yang pertama, maka buatlah kategori sendiri. Mempunyai kategori yang diciptakan sendiri ini lebih bermanfaat karena para kompetitor tidak akan mungkin bisa mengalahkan Anda. Menjadi yang pertama tidak akan menghadapi kekalahan dalam kompetisi. 

Mencari Alternatif
 
Jika dalam sebuah kategori, Anda tidak lagi menjadi yang pertama, maka Ada bisa beralih jalur lain. Misalnya restoran pizza Anda bukanlah yang pertama, tetapi Anda bisa menciptakan pengiriman pizza selama 30 menit, jika lebih maka konsumen akan mendapatkan gratis. Juga masih banyak contoh lainnya. Anda bisa menjadi orang pertama yang melayani pasar tertentu, pertama dalam menawarkan produk atau jasa alternatif, menjadi pertama dalam hal menyediakan produk unik dan sebagainya. 
Dengan kata lain, jangan menjadi yang terbaik hanya dalam kategori yang ada, melainkan jadilah yang pertama dalam suatu kategori, kategori yang Anda ciptakan sendiri.


Teknik Mempromosikan Produk 
Besar kecilnya keuntungan bisnis Anda terletak pada keampuhan teknik promosi yang dilakukan. Promosi mendatangkan konsumen, dan bertambahnya jumlah konsumen berarti bertambah pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Bagaimana caranya 'meledakkan' jumlah pengunjung bisnis Anda yang akan semakin memperbesar kemungkinan bagi Anda untuk meraih sebanyak mungkin jumlah pembeli? 
Jika Anda memilih internet sebagai media promosi, Anda tidak salah pilih. Hanya saja, Anda perlu memiliki strategi jitu dalam hal promosinya. Jadikan teknik tersebut sebagai senjata mematikan melawan para kompetitor. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda pertimbangkan: 
Search Engine. Jadikan situs yang Anda pilih sebagai urutan pertama dalam search engine. Posisi tersebut akan menentukan masuk dan bertambahnya jumlah pengunjung dan calon konsumen. 
Direct Email. Ini karena email dikenal sebagai alat promosi paling populer nomor dua setelah search engine. Dalam penggunaannya terdapat teknik-teknik khusus yang mungkin tidak Anda sadari. Email adalah cara sederhana untuk menggaet konsumen. Cara-cara yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana menulis naskah email yang bisa mendatangkan respon pembaca. 
Classified Ads Pages. Yang dimaksud dengan ini adalah iklan mini, iklan baris dan sebagainya. Di dunia maya, keampuhan jenis promosi ini sama halnya dengan di media massa lainnya. Dalam dunia internet juga, jenis ini dikenal sebagai satu-satunya alat yang mampu secara langsung memberi penilaian respon pembaca. 
Banner. Khusus satu ini pasti sudah mengetahuinya. Kebanyakan para pebisnis mempromosikan produknya lewat banner ini. 
Press Release. Teknik ini juga merupakan teknik yang tidak asing lagi, bukan hanya bisa menggaet mereka yang online tetapi juga yang offline
Networking. Jenis ini membicarakan strategi pemasaran yang selalu mengaitkan website atau orang lain dalam pemasaran Anda, yaa semacam multilevel marketing. Teknik ini memungkinkan Anda memiliki ribuan situs yang ikut mempromosikan produk Anda tanpa harus membayarnya. 
Ezines. Caranya dengan menerbitkan artikel-artikel tertentu yang berkaitan dengan bisnis Anda dan Anda berikan artikel tersebut kepada sebanyak mungkin orang. Anda akan memperoleh banyak respon dari orang lain untuk mengunjungi Anda. 
Link Page. Jenis ini belum terlalu populer di Indonesia. 
Newsgroup. Teknik ini bisa menjadi efektif jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan siapa saja. Newsgroup akan sangat membantu jika dia juga mengijinkan Anda beriklan di dalamnya. Namun banyak newsgoup yang melarang Anda beriklan atau berkomunikasi mengenai hal yang di luar topik utama. 
Virus. Ini bukanlah sesuatu yang mengerikan layaknya virus penyakit. Mungkin Anda baru mendengarnya karena memang di Indonesia jarang yang mengetahui dan memanfaatkan tenik ini. 
Demikian beberapa teknik promosi yang bsa menjadi bahan pertimbangan Anda

Tips Sukses Dalam Marketing

Marketing ibarat ujung tombak sebuah perusahaan. Sebesar apapun perusahaan tersebut jika tidak ditunjang dengan tenaga marketing yang handal, lambat laun akan hancur. Sebagian orang berpendapat, tenaga marketing setidaknya harus memiliki bakat dalam bidang penjualan, bagaimana dia mampu memasarkan produk perusahaan tersebut. Tetapi, bakat tanpa disertai kreativitas aktif tak akan mendapat hasil maksimal. 
Anda yang termasuk divisi ini mungkin mempunyai beban tersendiri untuk menarik seorang atau beberapa klien. Bagaimana caranya agar bisa memasarkan dengan mudah? Memang tak ada pekerjaan yang mudah kecuali Anda berusaha. Berikut enam usaha yang mungkin bisa membantu Anda menggaet klien: 
Network
 
Bagi seorang tenaga marketing, membina hubungan dengan orang lain sangat diperlukan. Di sini Anda harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan supel. Mungkin saat ini, orang tersebut tidak membawa pengaruh apa-apa bagi Anda, tetapi siapa tahu di kemudian hari dia bisa menjadi klien yang sangat berharga. Selain itu dia juga bisa menghubungkan Anda dengan orang-orang penting. Jadi mulailah bersosialisasi dengan mengikuti berbagai organisasi bisnis dan mengikuti kegiatan-kegiatan bisnis lainnya. 
Pelajari target konsumen
 
Konsumen adalah saluran terakhir dalam proses bisnis, maka dari itu kenalilah mereka. Anda harus memiliki target pasar yang tepat, ingat konsumen memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tentukan langkah pendekatan yang sesuai dengan karakteristik mereka, perhatikan juga kebutuhan dan keunikannya. 
Bidik konsumen yang tepat
 
Jangan sampai Anda salah memilih konsumen atau klien. Ini lah gunanya mempelajari target konsumen yaitu menghindari bidikan yang salah. 
Disiplin dan konsisten
 
Bergerak dalam bidang marketing memerlukan tingkat kesabaran, disiplin dan konsisten tinggi. Anda akan bertemu dengan berbagai macam karakteristik orang dan memasarkan sesuatu tidaklah mudah. Anda seringkali harus berargumen dengan calon konsumen atau klien. Tampilkan fakta-fakta yang mendukung argumen Anda. Mungkin Anda akan menghadapi banyak kegagalan karena calon klien atau konsumen menolak argumentasi Anda. Di sinilah saatnya Anda harus tetap tegar dan berusaha lebih keras lagi. 
Jangan sepelekan kartu nama dan brosur perusahaan
 
Dengan menyimpannya Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu bila diperlukan. Untuk menjaga hubungan baik, sebaiknya Anda menghubunginya sewaktu-waktu agar mereka tidak melupakan Anda, walaupun sekedar menanyakan 'apa kabar'. 
Yakin dengan produk yang Anda tawarkan
 
Kalau Anda sudah tidak memiliki keyakinan terhadap produk tersebut, bagaimana Anda akan meyakinkan orang lain untuk membeli atau mempergunakannya? Semakin Anda yakin dengan produk tersebut, semakin orang lain akan percaya, dan itu akan menumbuhkan keuntungan bagi Anda, begitu juga sebaliknya. 
Siapkan budget
 
Sebelum Anda bertempur, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan strategi, sama halnya dengan marketing. Aktivitas ini juga memerlukan budget khusus, tidak usah terlalu besar, yang perlu ditekankan adalah harus mencukupi. 
Buatlah kartu nama, kop surat dan brosur perusahaan yang menarik
 
Ini berkaitan dengan imej yang akan ditangkap para konsumen dan klien. Jadi jangan sepelekan hal-hal sederhana ini. Seperti pepatah mengatakan, 'dari mata turun ke hati'. Mungkin presentasi Anda di depan klien akan tertolong dengan adanya hal-hal tersebut. Tunjukkan profesionalime dan daya tarik perusahaan melalui kartu nama, kop surat bahkan brosur. 
Meningkatkan kemampuan menjual

Sales lebih sederhana diterjemahkan sebagai sebuah teknik penjualan dalam sebuah perusahaan. Pekerjaan satu ini adalah lahan yang cukup positif dan memiliki peluang karir yang baik. Tentu saja jika Anda melakukannya dengan benar dan sungguh-sungguh. 
Tetapi mungkin bagi sebagian orang, pekerjaan di bidang penjualan ini adalah sesuatu yang sangat dihindari. Mengapa, karena banyak yang berpendapat jenis pekerjaan penjualan ini tergantung dari bakat Anda. Jika Anda mempunyai bakat menjual yang baik maka Anda pun akan sukses sebagai tenaga penjual. Sebetulnya pernyataan tersebut ada benarnya. 
Teknik menjual sebuah produk membutuhkan keahlian berbicara dan berkomunikasi persuasif. Sedangkan, tidak semua orang mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. tetapi bukan berarti bidang penjualan ini hanya berlaku bagi mereka yang punya bakat komunikasi tersebut. Dengan beberapa latihan dan kemauan keras, Anda bisa menjadi seorang tenaga penjual yang andal. 
Apa saja yang bisa dijadikan modal dasar menjadi tenaga penjual tersebut. Pertama yang harus Anda dalami adalah mental. Seorang tenaga penjual harus selalu mau belajar dan mempunyai kerendahan hati untuk koreksi diri secara terus-menerus. Menganalisis sebuah pengalaman menjadi pelajaran berharga untuk melangkah ke depan. 
Kemudian, pengetahuan dan informasi lengkap. Sebagai tenaga penjual, Anda harus mempunyai informasi lengkap tentang produk yang Anda jual untuk ditransfer kepada para konsumen. Pembeli tentunya ingin mengetahui dengan rinci produk yang ditawarkan kersebut. Dan sebelum yakin dengan paparan informasi Anda, mereka tidak akan memutuskan untuk membelinya. 
Satu-satunya cara agar meyakinkan pembeli adalah dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Kemukakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki dibandingkan produk lainnya. dengan begitu pembeli akan bisa membandingkan dan memutuskan keyakinannya. 
Ketiga yaitu mengasah kemampuan berkomunikasi persuasif dibantu dengan sarana-sarana yang memang diperlukan. Berbagai buku cara-cara berkomunikasi banyak tersedia, cukup dengan latihan sungguh-sungguh dan berani mempraktekannya, seseorang bisa menjadi tenaga penjual yang baik. 
Bagaimanapun, kemauan dan kerja keras adalah dua hal yang menjadi kunci keberhasilan Anda di segala bidang.

---
Buku saku di atas semoga bisa menjadi ringkasan pelajaran marketing dasar bagi teman-teman UMKM yang sering lupa dengan pelajaran marketingnya. Memang semua masih bersifat mendasar, tetapi ada juga yang disajikan dalam bentuk tips yang berdasarkan pengalaman kerja.