Laman

  • Home

Minggu, 20 Desember 2015

Beberapa Brand Kacamata Kayu di Indonesia Yang Bisa Diprospek Jadi Pasar

Kacamata Kayu Dari Brand-Brand Internasional

Membuktikan kepedulian kami kepada UMKM binaan kami yang memproduksi kacamata kayu dari Tegal, saya mulai mempelajari pasar kacamata kayu ini baik ekspor maupun lokal. Ternyata produk ini sudah booming dalam beberapa tahun terakhir dan brand-brand internasional seperti RayBan, Guess, Oakley, Maxmara dan Armani pun sudah memasarkan produk ini beberapa tahun terakhir.

Tentunya kualitas kacamata kayu dari brand-brand terkenal tersebut sangat prima dan premium, terlihat dari pengerjaannya yang detail, machine-made dan finishing yang sempurna. Sentuhan desain dan pemilihan kualitas bahan juga menjadi perhatian utama mereka dalam produksi kacamata kayu ini.


RayBan Wooden Sun Glasses

Guess Women Wooden Sun Glasses


Oakley Wooden Sun Glasses
Maxmara Wooden Sun Glasses

Armani Wooden Sun Glasses


Brand-brand tersebut pastinya merupakan impian dari para produsen kacamata kayu untuk bisa memasoknya dan hal ini bukan hal yang mustahil dilakukan ketika kualitas produsen kita sudah bisa mencapai standard yang mereka minta. Jadi jelas sudah pasar internasional untuk produk kacamata kayu sudah terdeteksi sejak awal, hanya tinggal produsen mau berbenah kualitas dan teknologi produksi atau tidak.

Kami sadar untuk menggapai brand internasional pasti butuh waktu dan usaha yang sangat luar biasa, oleh sebab itu kami mencoba memberikan alternatif brand lokal yang masih memungkinkan terkejar oleh UMKM kita. Dan alhamdulillah, kami menemukan tulisan dari QLapa untuk brand-brand lokal Indonesia yang menjual kacamata kayu handmate berikut:



penjual-kacamata-kayu-handmade-indonesia
Kacamata Kayu Brand Lokal


 

5 Merek/Brand Indonesia ini Menjual Kacamata Kayu Handmade yang Keren


Kata siapa kayu-kayu sisa yang tidak terpakai atau sisa produksi barang lain tidak bisa dijadikan apa-apa? Kayu-kayu itu malah bisa dijadikan produk handmade yang sangat unik dan menarik, yaitu kacamata kayu. Dengan tekstur serta warnanya yang alami, kacamata kayu ini tampak lebih unik daripada kacamata biasa dengan bahan plastik atau besi.

Di Indonesia, ada banyak pengrajin yang membuat dan menjual kacamata kayu. Produk yang mereka buat juga punya keunikan masing-masing dan tentunya berkualitas. Saking bagusnya, produk-produk dari para pengrajin lokal ini banyak diminati oleh konsumen mancanegara.

1. Kallestory
 
penjual-kacamata-kayu-handmade-Indonesia-2

Kallestory adalah brand kacamata kayu asal Jogjakarta yang sudah ada sejak tahun 2014. Kacamata kayu yang dibuat brand ini terbuat dari berbagai macam kayu mulai dari kayu mapple, mahoni (mahogany), sonokeling (rosewood), dan masih banyak lagi. Tiap kacata kayu juga dibuat dengan tiga lapis kayu yang dipress sehingga dijamin kuat.

Tapi, yang benar-benar unik dari kacamata buatan Kallestory adalah personalisasinya. Kacamata kayu dari Kallestory dibeli berdasarkan pesanan, dan tiap kali memesan, kamu bisa memilih dari kayu apa kacamata kayumu ingin dibuat, lalu ukiran apa yang ingin kamu berikan di bagian sampingnya. Tapi tidak hanya itu, kemasan yang kamu terima ketika memesan kacamata kayu milik Kallestory juga dipersonalisasi dengan ukiran namamu (seperti gambar di atas). Jadi, tiap kacamata kayu yang dibuat Kallestory dijamin benar-benar unik dan satu-satunya di dunia.

Kallestory punya banyak model kacamata yang bisa kamu pesan, dan semua modelnya bisa diberikan sentuhan personalisasi seperti yang kita sebutkan di atas. Rata-rata harga produknya berkisar antara Rp 1,1 juta hingga Rp 1,6 juta, tergantung dari model yang kamu pilih. Sementara semua ukiran dan sentuhan personalisasinya bisa dipesan secara gratis.

2. Eastwood
 
penjual-kacamata-kayu-handmade-Indonesia-3


Brand asal Solo yang sudah ada sejak tahun 2013 ini menggunakan limbah industri gitar. Kayu yang mereka gunakan antara lain kayu sonokeling, walnut, ceri, dan lain-lain. Engselnya juga menggunakan bahan yang sudah tidak terpakai, yaitu rantai bekas gearbox motor. Jadi, satu bingkai kacamata kayu dari Eastwood (di luar lensa) merupakan bahan-bahan yang didaur ulang dan dikemas menjadi sebuah produk baru yang berguna menarik.

Eastwood menyediakan banyak model kacamata dan harganya rata-rata ada di kisaran Rp 500.000. Untuk melihat katalog produk mereka, kamu bisa melihatnya di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Sementara untuk pemesanan bisa dilakukan melalui nomor telepon atau email.

3. Tesmak


penjual-kacamata-kayu-handmade-Indonesia-4
Kacamata kayu buatan Bandung ini dirintis oleh Vicky Mono yang merupakan personil band Indonesia, Burgerkill, sejak tahun 2014 lalu. Sama dengan Eastwood, kacamata kayu dari Tesmak dibuat dengan sisa-sisa kayu dari produk lain, dengan jenis kayu yang bervariasi.

Saat ini, Tesmak menjual sembilan model kacamata kayu, yang harganya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,3 juta. Selain itu, berkat kerja samanya dengan Butet Kertarajasa, kacamata kayu Tesmak juga tersedia di berbagai tempat di Jogjakarta.

4. Kabau


penjual-kacamata-kayu-handmade-Indonesia-5


Kabau adalah brand kacamata kayu yang berasal dari Jakarta dan sudah ada sejak tahun 2011. Bahan kayu yang digunakan juga berasal dari kayu-kayu sisa yang tidak terpakai. Bedanya dibanding produk lain, kacamata kayu Kabau menggunakan kayu dari papan luncur atau skateboard yang sudah tidak dipakai. Karena sejak awal papan skateboard terbuat dari kayu lapis yang dipress, maka kacamata kayu dari Kabau dijamin kuat.

Saat ini, Kabai menjual sampai 10 jenis atau model kacamata kayu dengan harga Rp 950.000. Kamu juga bisa melakukan pemesanan custom dan meminta Kabau membuatkan kacamata kayu yang kamu desain secara spesifik.

5. Forres
 
penjual-kacamata-kayu-handmade-Indonesia-6

Brand kacamata kayu dari Bandung ini punya satu keunikan di bahan kayu yang digunakan. Selain menggunakan kayu sonokeling dan kayu jati yang memang sudah sering digunakan para pengrajin, kacamata kayu Forres juga menggunakan kayu pohon Jengkol di samping dua kayu tersebut. Mereka mengatakan bahwa kayu pohon jengkol cukup kuat dan punya warna yang cukup menarik untuk melengkapi bahan kayu lainnya.

Saat ini, Forres menjual empat jenis kacamata kayu. Dua bertemakan klasik dan dijual dengan harga Rp 849.000, dan dua lagi bertemakan hewan langka khas Indonesia dan dijual dengan harga RP 949.000.


Tulisan dari QLapa di atas kami harapkan bisa memberikan motivasi bagi para UMKM binaan kami yang memproduksi kacamata kayu, karena standardnya pasti tidak akan setinggi brand internasional. Ketika kualitas produk dari produsen sudah seperti yang terlihat dari beberapa foto di atas, kami akan siap membantu memasarkannya kepada brand-brand tersebut.