Laman

  • Home

Rabu, 17 Agustus 2016

22 Contoh Konsep Desain Kemasan Produk Makanan & Minuman


Kemasan Produk Makanan & Minuman

2 kali kegiatan temu bisnis dengan UMKM yang telah terfasilitasi sertifikat halal dalam minggu lalu, menghadapkan kami, GetAsean.Com, pada permasalahan kemasan produk yang ternyata masih jauh dari ekspektasi kami sejak awal. Bahwa pasar kami adalah ekspor dan jalur kami adalah online, sehingga kemasan menjadi titik sentuh awal dari pemasaran produk melalui eCommerce kami. Memberikan edukasi berkali-kali tanpa memberikan contoh visual kurang memberikan edukasi kepada UMKM, untuk itu kami harus memberikan beberapa contoh visual kepada UMKM agar ide dan harapan kami bisa tercerna dengan baik.

Berbicara kemasan produk berarti bicara tentang desain bentuk, dimensi, warna, corak, layout dan berbagai elemen yang bisa mewakili produk yang ada di dalamnya agar tampil sesuai fungsinya yaitu mengambil hati kosumen, calon pembelinya. Desainer kemasan produk harus setidaknya harus mengerti filosofi merk dan produk di balik setiap kemasan yang akan dibuat.

Apakah anda sedang mencari ide dan inspirasi mendesain produk buat bisnis anda atau untuk kustomer anda? Inilah dia 22 contoh konsep desain kemasan produk makanan dan minuman yang bisa dijadikan referensi kemasan.

1. Konsep Desain Kemasan – BFF Creative Packaging

  • Desain oleh: Bruna Fraga dari Paris, France. Brand dan kemasan ini dibuat untuk sederetan produk Capricho's O  Botic├írio. Kemasan didesain secara khusus untuk kado (gift) para gadis kepada sahabat-sahabatnya pada hari special mereka. Format yang dipilih adalah obyek harian dimana para remaja berbagi rahasia terbesarnya. Sebuah konsep produk untuk "gift" yang dibalut oleh kemasan yang mendukung konsep tersebut. Produk dan kemasannya tidak perlu dibalut kemasan kado lagi, praktis dan segmented.
Konsep-Desain-Kemasan-BFF-Creative-Packaging

2. Konsep Desain Kemasan – Brownies for Young

  • Desain oleh: Bettina Baranyi dari Pecs, Hungary. Sebuah konsep kemasan yang cantik yang dihasilkan dari sebuah kursus desain kemasan, yang memenangkan kompetisi Young Package 2013 di Hungaria. Kemasan ini mengilustrasikan kue handmade (buatan rumahan) dari dapur sebuah asrama.Cukup unik bukan, seolah kue tersebut disajikan dengan rantang untuk para penghuni asrama.
Konsep Desain Kemasan - Brownies

3. Konsep Desain Kemasan – Chestnut Lane Box Packaging Design

  • Desain oleh: SeeSaw Designs dari Scottsdale, AZ, USA. Desain ini adalah untuk Chesnut Lane, sebuah cafe cantik di Phoenix, Arizona. Desain ini ditujukan untuk produk yang bisa dibawa pulang oleh pelanggan dengan tetap mengingat cafe tersebut, atau boleh dikatakan sebagai konsep oleh-oleh jika di Indonesia.
Konsep Desain Kemasan - Chestnut Lane Box Packaging Design

4. Konsep Desain Kemasan – Davy Jones Packaging

  • Desain oleh:  Ppt-ping. Davy Jones fresh squid packaging. mengilustrasikan Icon Davy Jones dan elemen bukaan sangat mudah untuk dikenali. Gurita beku bisa dikeluarkan dengan mudah dengan cara menarik "strip" dari tutupnya. Ilustrasi ditambahkan untuk menunjukkan cara untuk mengeluarkan dan membuka kemasan dengan dasar yang dapat digelar. Struktur internal dibangun dengan berbagai lapisan cartonboard untuk memberikan kekuatan dalam menahan 2.5 kg. Sisi sayap ditambahkan untuk menutupi celah dan lubang antar sambungan untuk mencegah kebocoran air. 
Konsep Desain Kemasan - Davy Jones Packaging

5. Konsep Desain Kemasan – Folded Box Packaging

  • Desain oleh: design-o-studio. Kemasan box lipat. Desainernya sangat menyukai desain kemasan lipat dan dia membuat mock up terlebih dahulu untuk desain kemasan.Desain ini memang cukup unik dan menarik dalam hal bentuk. Dengan printing yang menonjol, desain kemasan ini cukup mampu membuat calon pembeli berpaling ke produk ini.
Konsep Desain Kemasan - Folded Box Packaging

6. Konsep Desain Kemasan – Food Packaging

  • Desain oleh: design-o-studio. Ini adalah ciri khas desain dari design-o-studio, sebagaimana desain tersebut di atas desain kemasan makanan ini juga memiliki atap lipat dan melengkung rapi. Kemasan ini didesain untuk produk makanan olahan dari gandum. Coba perhatikan desain buah gandum yang dibuat menonjol untuk menunjukan bahwa olahan ini memang dari gandum.
Konsep Desain Kemasan - Food Packaging

7. Konsep Desain Kemasan – Ford Jekson

  • Desain oleh: Constantin Bolimond dari Orsha, Belarusia. Produk ini menawarkan sebuah kehidupan kedua sebagai sebuah mainan. Drink & play, minum dan mainkan.Kemasan ini didesain khusus sebagai mainan sehingga memiliki fungsi tambahan setelah produknya habis.
Konsep Desain Kemasan - Ford Jekson

8. Konsep Desain Kemasan – Fun Cup Cake Package

  • Dikembangkan oleh Brainbox Design Company yang diajukan kepada kreasi cup cake special edition dari O Botic├írio Line Fun. Creative Director: Marcos Minini.
Konsep Desain Kemasan - Fun Cup Cake Package

9. Konsep Desain Kemasan – Have a nice trip

  • Desain oleh: Arthur Schmidt dari Jerman. A “Have a nice trip” terpilih sebagai salah satu pemenang dalam The Recreate Packaging 2014 Design Competition. Para peserta ditantang untuk membuat sebuah solusi inovasi kemasan untuk produk beauty care yang cocok untuk para traveler dan ramah lingkungan.  Platform kemasan ini adalah kemasan yang mudah dimasukkan ke dalam koper. Tambahan, set ini akan dijual secara online dan dikirimkan via kurir.  “Have a nice trip” adalah sederhana dan mudah dipakai, dan juga secara logis harus efisien dan melindungi isinya dengan baik. Solusi ini tidak hanya berlaku untuk beaty care saja, melakukan juga untuk produk obat-obatan.
Konsep Desain Kemasan - Have a nice trip

10. Konsep Desain Kemasan – Hood River Farms Food Brand Packaging

  • Desain oleh: Timothy O’Brien dari Portland, OR, USA. Desain ini dibuat untuk produk olahan buah yang akan didistribusikan di sebuah kota (Oregon, USA). 
Konsep Desain Kemasan - Hood River Farms Food Brand Packaging

11. Konsep Desain Kemasan – Killhunger Mayonnaise Bottle Packaging Design

  • Desain oleh: Agency: Svoe Mnenie. Creative Director: Andrey Kugaevskikh. Art Director: Natalya Chistyakova. Designer: Aleksey Pashnin. Type Of Work: Packaging Concept. Country: Russia. Killhunger bukan low fat mayonaise dan bukan ditujukan kepada orang-orang yang ingin hidup sehat dan diet, mayonaise ini ditujukan untuk membasmi rasa lapar.  Inilah pesannya: "We break the rules of “green food” trends. We’re against the law of vegans. We need meat and mayonnaise. We are bad guys. And we like to eat it dirty. Killhunger is our crime scene."
Konsep Desain Kemasan - Killhunger Mayonnaise Bottle Packaging Design

12. Konsep Desain Kemasan – Love Bites Cafe Packaging

  • Desain oleh: Tebius. Done for the Love Bites Cafe pitch. Desain kemasan untuk take away dari sebuah cafe.
Konsep Desain Kemasan - Love Bites Cafe Packaging

13. Konsep Desain Kemasan – Love Today. Energy Bars for lovers

  • Desain oleh: Fran Berbegal dari Alicante, Spain. Hampir serupa, desain kemasan ini untuk take away, tetapi ditujukan untuk pasangan.
Konsep Desain Kemasan - Love Today. Energy Bars for lovers

14. Konsep Desain Kemasan – Lovely Packaging Design

  • Desain oleh:  LogoPeople Australia dari Sydney, Australia.  Creative  Product Packaging Designs samples made by LogoPeople Australia. Desain packaging ini sangat menarik dan ceria untuk hewan piaraan anda.
Konsep Desain Kemasan - Lovely Packaging Design

15. Konsep Desain Kemasan – Packaging Design and Character

  • Desain oleh: Wizard Sylvan. Desain kemasan untuk waffel ini ditujukan untuk menemani pembeli yang butuh produk simpel untuk menemani minum teh atau kopi untuk sarapan.
Konsep Desain Kemasan - Packaging Design and Character

16. Konsep Desain Kemasan – Packaging Mock Up

  • Desain oleh: design-o-studio. Desain dari studio desain ini selalu menampilkan ciri khas atap meruncing dengan permainan warna packaing yang unik dan menarik.
Konsep Desain Kemasan - Packaging Mock Up

17. Konsep Desain Kemasan – Potbelly Sandwich Shop Coffee Packaging Design

  • Desain oleh: Megh Knappenberger dari Kansas City, MO, USA. Memanfaatkan kertas kraft untuk kemasan akan membawa suasana khusus dalam berkomunikasi dengan pembeli. Kemasan ini cocok untuk produk-produk makanan yang akan dibawa pulang (oleh-oleh) tetapi tidak dinikmati dalam perjalanan.
Konsep Desain Kemasan - Potbelly Sandwich Shop Coffee Packaging Design

18. Konsep Desain Kemasan – Qtela Casava chips

  • Desain oleh: Ronaldesign. Desain ini sangat menarik dengan gambar mulut yang dekat dengan produk makanan yang dibungkusnya. Warna mengkomunikasikan varian produk, sehinggga mudah diingat oleh pembeli tanpa harus membaca.
Konsep Desain Kemasan - Qtela Casava chips

19. Konsep Desain Kemasan – Staples Box Package Design

  • Desain oleh: Anisa Hamid dari Bengalooru, India. Kadang kemasan juga menyiratkan simbol-simbol cerdas bagi para pembelinya, yang tidak dengan serta merta mudah mereka cerna.
Konsep Desain Kemasan - Staples Box Package Design

20. Konsep Desain Kemasan – Styling Paste Box Packaging Design

  • Desain oleh: Ribbitty Rabbitty. Desain kemasan untuk produk pasta yang cukup ekstrim dan berbeda. 
Konsep Desain Kemasan - Styling Paste Box Packaging Design

21. Konsep Desain Kemasan – Tin Can Packaging

  • Desain oleh: design-o-studio. Desain kemasan untuk minuman yang menyasar kepada pelanggan yang memiliki aktivitas tinggi ini menggunakan kaleng tipis.
Konsep Desain Kemasan - Tin Can Packaging

22. Konsep Desain Kemasan – West Elm Market

  • Desain oleh: Alyson Aversa dari New York, NY, USA.Desain kemasan untuk dari West Elm Market ini cukup simple dan manawan dengan kesederhanaannya.
Konsep Desain Kemasan - West Elm Market


Demikian beberapa contoh desain kemasan dari berbagai negara yang bisa dijadikan referensi dan semoga memberika inspirasi bagi teman-teman UMKM yang sedang mengembangkan dan butuh ide desain kemasan.

Harus berani berbeda ! Harus berani keluar dari "yang biasa" ! 

Desain kemasan yang menarik memberikan kontribusi promosi, komunikasi dan pemasaran bagi produk anda. Kemasan produk UMKM harus berani bersaing dengan kemasan produk dari industri besar dan UMKM harus berani berinvestasi dalam kemasan untuk jangka waktu yang lama.