Laman

  • Home

Sabtu, 24 Oktober 2015

Strategi Kemasan

"Karena Produk dinilai dari tampilan kemasannya, maka pemasar harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan strategi kemasan yang paling sesuai dengan produknya."

Tujuan:
  • Membuat outline strategi kemasan yang berbeda dari para pesaing.


Poin-Poin Penting:
    • Memperluas fungsi adalah kunci untuk menambah nilai dari packaging. Gunakan fungsi packaging untuk membawa benefit (keuntungan) baru pada kategori brand dan membedakannya dari pesaing.
    • Adalah sangat penting untuk memahami apakah brand anda secara tepat dikenakan pada pasar dan kulturnya. Lakukan riset sejak awal saat launching, re-positioning atau proses pengembangan yang sangat memberikan peluang brand anda untuk bersinar.
    • Pemasar harus mulai melihat packaging sebagai sebuah investasi, bukan biaya ketika mereka ingin tetap bersaing. Desain packaging harus diberikan pertimbangan yang sama dalam bauran pemasaran – Hal ini adalah jaminan harian untuk selalu terhubung dengan customer.


Istilah-Istilah:
  • Touch Point - Titik Sentuh
Keterkaitan dari suatu produk, layanan atau brand dengan customer, non customer, pegawai dan stake holder lainnya – sebelum, selama dan setelah transaksi.
  • Point of Difference - Titik Perbedaan
Sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan faktor individual dari sebuah produk perusahaan yang menyebabkannya berbeda dengan pesaingnya. Hal ini bisa sama dengan USP (unique selling proposition) meskipun tidak saling berkaitan, dan sangatlah penting dalam mendefinisikan keunggulan kompetitif dan strategi branding.
  • Marketing Mix - Bauran Pemasaran
Alat bisnis yang digunakan dalam pemasaran produk; sangat penting dalam menentukan suatu produk atau unique selling point dari sebuah brand, sering disebut dengan 4P, yaitu: Product, Price, Place dan Promotion.

  • Category Killer 
Sebuah produk, layanan, brand atau perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan yang berbeda yang membuat perusahaan-perusahaan pesaing hampir tidak mungkin untuk beroperasi secara menguntungkan dalam industri itu (atau di daerah setempat yang sama).


Contoh:
    • Mainan diiklankan di toko-toko dan pada kemasan produknya. Manfaat pendidikan mainan juga dijelaskan pada kemasan untuk kepentingan orang tua dan harus dibuat eksplisit. Manfaat-manfaat ketrrampilan yang akan didapat oleh seorang anak  meliputi, kordinasi tangan-mata, eksplorasi dan problem solving. Kemasan juga dibuat untuk menarik perhatian anak-anak. 

Packaging- Kemasan

Banyak orang menilai produk dari penampilan kemasannya. Setelah mengetahui hal ini maka banyak pemasar baru tersadar untuk memperlakukan kemasan dari brand mereka dengan lebih special. Dalam pertempuran merek, kemasan dapat membuat titik kuat dari perbedaan. Hal ini menciptakan citra brand yang dapat menjadi pemicu pembelian di rak-rak supermarket atau merupakan titik sentuh bagi konsumen pada berbagai produk dan kategori. 

Ada beberapa strategi kemasan yang berbagai perusahaan yang dapat menggunakan untuk membuat produk yang biasa terlihat lebih eksklusif.

Packaging Adalah Sebuah Investment, Bukan Biaya.

Pemasar (dan bisnisman) harus mulai melihat kemasan sebagai investasi, bukan biaya, jika mereka ingin tetap kompetitif. Paket desain harus diberikan pertimbangan yang sama dalam bauran pemasaran - Hal ini ditujukan untuk "menjamin" rutinitas hubungan dengan konsumen. Jika biaya selalu menjadi faktor pertimbangan, penggiling lada sekali pakai mungkin tidak akan pernah berhasil sampai ke rak supermarket.

Steal Cues - Mencuri Isyarat

Pemasar dapat membawa arti baru untuk kategori atau brand dengan 'mencuri' isyarat dari orang lain. Warna adalah salah satu isyarat yang dapat memberikan rasa dan aroma persepsi di keripik, hijau mengatakan keju dan bawang, sementara biru mengatakan garam dan cuka. Pemasar dapat memanfaatkan hal ini dengan 'mencuri' warna, bentuk dan tekstur isyarat dari kategori lain untuk menyimpulkan makna dan memperkenalkan pemikiran baru tentang kategori / brand mereka sendiri.

Misalnya:Kita bisa mengambil bentuk dan warna desain packaging dari luar kategori produk kita yang saat ini sedang "mendapatkan" perhatian dari pasar. Hal ini dimaksudkan untuk update desain packaging kita dan menambah daya tarik packaging kita.


Membuat Keterlibatan dan Ritual

Meningkatkan pengalaman konsumen terhadap merek dengan memperkenalkan keterlibatan dan ritual dalam interaksi kemasan mereka. 'Paksa' keterlibatan melalui kemasan benar-benar dapat meningkatkan pengalaman secara keseluruhan terhadap merek dan menghasilkan pertumbuhan yang signifikan. Hanya mendorong irisan lemon ke dalam leher bir menciptakan jenis kebiasaan baru kepada seluruh peminum bir.

Pikirkan Fungsi

Fungsi ditingkatkan dengan cara menambah nilai kemasan. Gunakan fungsi kemasan untuk membawa manfaat baru untuk kategori / merek dan untuk membedakan dari pesaing. Salah satu cara terbaik untuk datang dengan ide-ide fungsi adalah untuk mengamati konsumen Anda menggunakan produk Anda di lingkungan mereka sendiri dan untuk mengajukan pertanyaan: Siapa yang menggunakan produk tersebut ? Bagaimana mereka menggunakannya ? Kapan mereka menggunakannya ? Bagaimana saya bisa menghemat waktu mereka atau membuat hidup mereka lebih mudah ? Bagaimana saya bisa menawarkan mereka hal yang lebih baik dalam masalah harga ?

Semua pertanyaan tersebut ditujukan untuk mengumpulkan fakta mengenai kebutuhan konsumen yang bisa kita jadikan ide desain dari fungsi packaging kita.

Quick Wins

Yang paling sederhana dari ide-ide kemasan yang dapat dengan cepat digunakan untuk meraih hasi adalah: perubahan ukuran packaging, perubahan material, pembaharuan grafis dan perubahan dalam hirarki merek seperti penamaan dan beberapa cara untuk membuat pertumbuhan baru untuk merek. Jangan mengabaikan kejelasan. Perubahan kemasan sederhana dapat menghasilkan peluang besar untuk sebuah merek.

Smart Research - Riset Cerdik

Sangat penting untuk memahami jika merek Anda tepat dikenakan pada pasar dan budayanya. Penelitian di awal peluncuran, re-positioning atau proses pembangunan benar-benar dapat memberikan peluang bagi produk Anda untuk bersinar.


Kemasan sering hanya diteliti sebagai perbandingan lurus pada akhir proses pegembangannya. Hal ini mengabaikan peluang untuk menjadi lebih strategis dalam pendekatan pengembangan kemasan. penelitian yang tepat dilakukan di awal proses, dapat membantu pemasar mengidentifikasi potensi masalah dan peluang dalam pengembangan kemasan dan membuka peluang terhadap apa yang benar-benar penting untuk merek tersebut dan pengguna packaging. Dalam proses ini memberikan kesempatan untuk mengetahui tren yang muncul dan arah masa depan yang dapat disadap serta inovasi bisa ditingkatkan.


Source: Boundless. “Packaging Strategies.” Boundless Marketing. Boundless, 21 Jul. 2015. Retrieved 24 Oct. 2015 from https://www.boundless.com/marketing/textbooks/boundless-marketing-textbook/branding-and-packaging-10/packaging-75/packaging-strategies-381-4137.