Laman

  • Home

Jumat, 30 Oktober 2015

IKITAS Semarang Membuka Peluang Investasi & Pemasaran Dengan Australia

Miindaklanjuti permintaan dari Mas Rambat Kristyanto (Katalis Media) untuk ikut membantu mengoptimalisasi IKITAS Semarang yang dikelola oleh Mas Mustafa M Abdullah, yang tak lain adalah junior saya di Teknik Elektro UNDIP, saya meminta bantuan dari Mas Rynaldo Wahyudi, rekanan kerja saya, dari CPLus.Co yang berkantor di Brisbane, Kuala Lumpur dan Semarang.

Mas Rynaldo ini adalah orang asli Ambarawa yang sekarang berdomisili di Brisbane - Australia dan sekitar 2 tahun ini memiliki kantor di Semarang sebagai salah satu jaringan bisnisnya.Beliau memiliki akses bagus kepada pengusaha-pengusaha di Australia dan sering membantu kami dalam membangun jaringan bisnis dengan Australia. 


Pertemuan santari CPlus.Co dengan IKITAS Semarang

Kebetulan sekali hari Jumat Mas Rynaldo ada jadwal pulang ke Semarang dan saya agendakan pertemuan dengan Mas Mustafa di UMKM Center Jawa Tengah untuk sekedar mendapatkan informasi lebih detail mengenai IKITAS Semarang. 2 pinsip pokok dari apa yang bisa dibantu Mas Rynaldo adalah masalah investasi dan pasar di Australia, Malaysia dan China.

Hal tindak lanjut yang perlu dilakukan oleh IKITAS Semarang adalah mempersiapkan profile komunitas, capability statement dan portofolio kerjasama yang dibutuhkan untuk selanjutnya akan kami olah untuk presentasi kami kepada investor dan pasar melalui CPlus.Co. Sebelum kembali ke Australia, CPlus.Co juga berharap bisa melakukan kunjungan ke markas IKITAS pada hari Selasa mendatang untuk melihat dari dekat kegiatan dan berkenalan dengan anggota komunitas secara langsung.

IKITAS Semarang

Inkubator Kreasi dan Inovasi Telematika Semarang – “IKITAS” adalah inkubator bisnis untuk pembinaan dan pengembangan usaha kreatif bidang ICT yang bertujuan membantu wirausahawan tumbuh berkembang menjadi wirausahawan yang tangguh, mandiri dan mampu bersaing secara GLOBAL di Semarang.

IKITAS didirikan pada akhir tahun 2010 oleh Mustafa sebagai fungsi yang tidak terpisahkan sebagai dosen di Fakultas Teknologi Industri UNISSULA untuk menjalankan program pengabdian masyarakat melalui pembentukan komunitas.

Selain itu pendiri prihatin yang melihat Kota Semarang dan Jawa Tengah selalu ditinggalkan dalam kegiatan-kegiatan pengembangan industri kreatif digital di Indonesia.
Dengan adanya IKITAS diharapkan ke depan Kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya dapat sejajar dengan kota-kota besar lain di Indonesia terkait dengan perkembangan Industri Kreatif Digital.

IKITAS Semarang merupakan inkubator starup digital Semarang, tempatnya para pengusaha industri kreatif bertumbuh dan berkembang menjadi pengusaha tangguh, mandiri dan mampu bersaing.


Fungsi Inkubator

Space: Menyediakan tempat bagi tenant untuk mengembangkan usaha pada tahap awal untuk mewujudkan ide-ide kreatif menjadi produk-produk inovatif yang memiliki daya saing unggul dan punya nilai jual.
Shared: Menyediakan fasilitas kantor yang bisa digunakan secara bersama, misalnya  ruang konferensi, sistem telepon, faksimile, komputer, internet, dan keamanan.
  
Services: Meliputi konsultasi manajemen dan masalah pasar, aspek keuangan dan hukum, informasi perdagangan dan teknologi.

Support: Membantu akses ke pusat riset, jaringan profesional, teknologi, internasional, dan investasi.

Skill Development: Memberikan latihan menyiapkan rencana bisnis, manajemen, kepemimpinan, dan kemampuan lainnya.

Seed Capital: Memberikan dana bergulir internal atau dengan membantu akses usaha kecil pada sumber-sumber pendanaan atau lembaga keuangan.

Synergy: Kerjasama tenant atau persaingan antar tenant dan jejaring (network) dengan pihak universitas, lembaga riset, usaha swasta, profesional maupun dengan masyarakat international.

Social Networking: Membantu tenant untuk memiliki jejaring dengan pihak-pihak luar melalui adanya seminar, pameran dan kunjungan instansi.

Showroom: Menyediakan display atau ruang pamer untuk produk-produk atau demo yang dimiliki oleh tenat agar dapat dilihat oleh masyarakat atau calon konsumen.


Kegiatan tersebut adalah merupakan salah satu kiprah Kadin Jateng dalam pengembangan jaringan komunitas bisnis yang ada di Jawa Tengah melalui Rumah UMKM. Dan kami berharap sinergi IKITAS Semarang dengan Kadin Jateng ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi. Rumah UMKM sangat peduli terhadap perkembangan industri kreatif di Jawa Tengah dan secara luas ingin menggandengnya dalam upaya pengembangan UMKM di Jawa Tengah dalam kancah bisnis digital.