Laman

  • Home

Rabu, 21 Oktober 2015

Brand, Dan Bagaimana Membangunnya ?



Bagaimana membangun merek (brand) yang mengesankan dan dapat memperkuat perbedaan Anda dari pesaing dan dapat membantu untuk mendorong loyalitas pelanggan. Tapi upaya membangun dan mengembangkan merek ternyata melibatkan lebih banyak faktor daripada hanya sekedar mendesain ulang logo Anda.

Ada beberapa tahap dalam membangun merek (brand) sebagaimana tersebut di bawah ini:

  1. Mengidentifikasi apa kualitas, nilai-nilai dan pengalaman pelanggan mengasosiasikan bisnis Anda. Dalam rangka membangun merek yang kredibel, Anda akan perlu untuk menetapkan hal ini. Ingat, merek adalah bukan sekedar nama dan logo.
  2. Jangan abaikan persepsi pelanggan terkait produk yang ditawarkan. Jika klaim Anda tentang bisnis Anda tidak sesuai dengan pengalaman pelanggan, mereka akan pergi ke tempat lain. Tapi jika bisnis Anda memberikan apa yang dijanjikan merek Anda, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.
  3. Pikirkan tentang setiap detail bagian dari bisnis Anda - jika persepsi pelanggan Anda terhadap  merek Anda negatif atau sangat berbeda dari gambaran yang ditawarkan, Anda mungkin perlu mengubah penawaran Anda, strategi layanan pelanggan atau bahkan cara Anda menjalankan bisnis Anda.
  4. Libatkan karyawan Anda - mungkin mereka memiliki ide lain mengenai apa singkatan bisnis Anda, untuk apa dan apakah itu sudah sesuai dengan janji-janjinya. Selain itu, Anda akan perlu bekerjasama dengan mereka ketika Anda akan mengubah operasi Anda.
  5. Membuat satu set "pesan" atas merek yang konsisten dan fokus pada kualitas, nilai-nilai dan pengalaman dari pelanggan dalam mengasosiasikan bisnis Anda, produk dan jasa. Tetap sederhana dan mudahm dikomunikasikan "pesan"-nya.
  6. Mengembangkan visual merek yang khas dan unik. Ini harus mencerminkan identitas Anda secara keseluruhan - jika Anda optimis, visual Anda harus terang dan menarik. Jika Anda tidak memiliki keterampilan yang diperlukan, pekerjakanlah seorang desainer untuk membantu Anda.
  7. Terapkan merek, baik logo merek dan pesan visual merek Anda pada semua bahan - mulai dari kemasan marketing tool, website dan lain sebagainya.
  8. Dapatkan perlindungan hukum untuk branding visual Anda dan phrase khas Anda yang digunakan gunakan untuk menggambarkan bisnis Anda atau penawaran Anda.
  9. Ingat bahwa segala sesuatu mengenai bisnis Anda tidak terkait dengan merek Anda di mata pelanggan. Ini termasuk cara karyawan Anda berpakaian dan berperilaku.
  10. Mengkomunikasikan merek Anda kepada karyawan dan menjelaskan mengapa dan bagaimana memiliki identitas merek tersebut dan bagaimana mempromosikannya. Anda akan membutuhkan dukungan mereka agar branding baru menjadi efektif.
  11. Promosikan merek melalui kampanye pemasaran yang mencakup siaran pers, PR dan periklanan, penawaran khusus dan promosi untuk pelanggan.
Rangkaian panjang membangun brand sekilas tergambar dalam tahapan-tahapan di atas. Membangun brand bukan upaya yang mudah dan murah, dan bukan pula pekerjaan yang bisa dilakukan dengan singkat. Tidak hanya berhenti dengan desain logo dan kemasan saja, tetapi akan terus berlanjut dengan komunikasi pasar dan bagaimana membangun persepsi pelanggan terhadap produk atau usaha anda.