Laman

  • Home

Senin, 28 September 2015

Fenomena Penjualan Menjelang dan Selama Lebaran Haji

Mungkin tidak semua UMKM terkena imbas ini, tetapi setidaknya banyak yang merasakan penurunan penjualan menjelang dan selama lebaran haji baik penjualan offline dan penjualan online. Bahkan yang yang mengalami tapi tidak menyadarinya. 

Awalnya kami pun tidak menyadarinya, tetapi setelah melihat grafik penjualan tahun-tahun sebelumnya memang ada fenomena aneh yang perlu kami cermati setiap menjelang dan selama lebaran haji. Setiap periode ini pembelian dari pasar modern dan pasar tradisional mengalami penurunan. Penjualan online pun mengalami hal yang sama. Kondisi akan beranjak normal ketika kepulangan haji sudah sampai di Indonesia.


Sales menurun menjalang dan selama lebaran haji.

Kami memang belum melakukan survey detail mengenai fenomena ini, tetapi kami coba kontak UMKM-UMKM kami satu per satu mengenai penjualan mereka pada periode ini dan hampir semuanya menyatakan bahwa penjualan mereka menurun drastis. Kemudian saya meminta mereka untuk menengok penjualan pada periode yang sama di tahun sebelumnya, dan ternyata juga mengalami penurunan penjualan.

Trend ini memang harus disikapi dengan bijaksana oleh pelaku UMKM, dan ke depannya bisa lebih bersiap-siap menghadapi periode ini. Penyebab secara pastinya memang belum banyak diketahui, dan kami masih mencoba mencari tahu penyebab trend menurunnya penjualan ini.

Berstrategi Menghadapi Penurunan Penjualan

Periode ini kami sikapi dengan cara memanfaatkan jeda waktu penjualan yang lebih longgar dengan pengembangan produk dan review penjualan produk sebelum periode ini berakhir. Karena trend setelahnya adalah melonjaknya permintaan produk, jadi saat itulah kita punya kesempatan menyelipkan produk baru untuk promosi. 

Dengan melonjaknya permintaan dan penjualan, pelaku usaha kecil memiliki spare profit untuk pengembangan produk. 

Bahwa trend ini adalah sesaat, dan hal ini selalu berulang-ulang setiap tahun sehingga upaya-upaya penjualan bisa disesuaikan dengan kondisi ini. Kelebihan produksi saat periode penurunan sales akan menyebabkan menumpuknya stock. Untuk produk yang kedaluwarsanya panjang, tidak masalah tetapi untuk produk yang kedaluwarsannya pendek, hal ini akan menjadi masalah yang serius.

Sehingga tulisan ini kami tujukan untuk memberikan informasi kepada UMKM bahwa ternyata trend ini ada, dan perlu disikapi dengan bijaksana.