Laman

  • Home

Minggu, 13 September 2015

Bagaimana Mau Sukses Berwirausaha ? Mengenali Potensi Diri Saja Belum.

Dalam beberapa kesempatan memberikan materi kewirausahaan di BLKLN dengan audience sarjana baru, di Universitas Pandanaran Semarang dengan audience mahasiswa baru dan beberapa kelas lain bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jateng di Semarang, Kudus dan beberapa kabupaten lain, kami selalu melempar pertanyaan yang mungkin "sulit" dijawab yaitu: "Adakah diantara rekan-rekan semua yang ada di kelas ini mengetahui potensi diri masing-masing ?"

Setiap saya lemparkan pertanyaan tersebut, audience seperti disadarkan mengapa mereka tidak mengenali diri mereka sendiri, apakah sistem pendidikan yang ada di negara ini memang lebih banyak mengajarkan hal-hal yang menjauhkan diri kita dari "potensi" kita sendiri ? Mungkin benar, karena pada kenyataannya lebih mudah bagi kita melihat "hal-hal" peluang di luar diri kita daripada melihat "apa" yang kita miliki dalam diri kita, apa yang kita minati dan apa yang  kita bisa.

Cobalah mengenali potensi diri anda.
Dari beberapa pengamatan kami, pengusaha yang sukses adalah pengusaha yang berbisnis di bidang yang dia "senangi" atau "minati", selaras antara hati dan pikiran. Kreativitas muncul ketika kita sudah bisa "menikmati" pekerjaan kita, sehingga hasil kerja bisa berkembang. Jadi bisa dikatakan bahwa, untuk menjadi sukses jangan bertanya dulu peluang apa yang ada di luar sana tetapi bertanyalah apa yang sebenarnya menjadi potensi dalam diri anda.

Pengujian dan pengenalan potensi diri.

Melihat permasalahan yang mendasar ini, kami bekerjasama dengan sebuah institusi psikologi yang berlisensi Belanda yang berkantor di Semarang untuk menyediakan aplikasi pengujian karakter dan pontensi individu. Hanya dengan menjawab sekitar 36 pertanyaan, peserta test bisa mengetahui apa yang menjadi potensi dalam dirinya sehingga bisa dijadikan bahan untuk melandasi pemilihan bisnis yang cocok untuknya kelak.

Selalu praktisi grafologi dan feng shui untuk bisnis pun saya sering memberikann konsultasi pengenalan potensi seseorang melalui pembacaan tanda tangan dan tanggal lahir klien. Cara ini dirasakan lebih interaktif dan lebih mudah bagi para klien.

Sukses = Keselarasan Antara Karakter & Ability (Kemampuan) dalam Menggarap Potensi

Formulasi di atas sering kami gunakan untuk memecahkan permasalahan usaha bagi rekan-rekan UMKM yang belum "merasa" cocok dan berkembang dalam menjalankan bisnisnya. Mereka selama ini membuat usaha berdasarkan peluang yang ada tanpa mempertimbangkan potensi dan kemampuannya, dan sebagiannya lagi membuat usaha karena untuk tetap survive.

Ada beberapa pelaku UMKM yang secara "tidak sengaja" cocok dalam pemilihan bidang usaha, sehingga bisa berkembang dan sukses tetapi jumlahnya lebih banyak yang tidak sukses karena "ketidaktepatan" dalam pemilihan bidang usaha.

Jika potensi diri telah dikenali, maka langkah selanjutnya adalah mengenai potensi alam sekitar yang sesuai dengan pontensi diri anda. Setelah itu baru merencanakan sebuah konsep bisnis yang mempertimbangkan pontensi-potensi tersebut, kemampuan dan peluang pasarnya.

Demikian sharing dari saya, semoga bermanfaat.