Laman

  • Home

Senin, 24 Agustus 2015

Pelatihan Pengembangan Usaha Dinas Perindagkop Kabupaten Kudus

Sebelumnya mohon maaf jika beberapa hari ini kami lambat update situs RumahUMKM.net, karena kami harus memberikan motivasi bisnis kepada 3x30 pelaku UMKM di Kabupaten Kudus di bawah binaan Dinas Perindagkop Kabupaten Kudus dari tanggal 24-25 Agustus 2015 di Kabupaten Kudus.

Dimanapun tempatnya, yang penting peserta harus selalu ceria dan termotivasi.
Mas Novi Prasetyawan bersama salah satu kelas pengemasan saat memberikan motivasi kewirausahaan bareng RumahUMKM.net
RumahUMKM.net diberikan kesempatan memberikan pelatihan kewirausahaan dan pelatihan pemasaran untuk usaha kecil untuk kelas pengemasan (2 kelas) dan kelas pemasaran (1 kelas) yang masing terdiri dari 30 peserta. Kami memberikan materi kewirausahaan sebagai pembuka pelatihan pada hari Senin 24 Agustus 2015 untuk 2 kelas pengemasan, dan pada hari Selasa 25 Agustus 2015 kami bersama salah satu binaan kami yang telah bina sebelumnya, yaitu PT Gula Energy Nusantara (Bpak Ir Joko Budi Wiryono) yang asli orang Kudus, akan memberikan sharing praktis mengenai kemasan dan pemasaran usaha kecil dan tips dan best practise memasok pasar modern.

Yang menarik bagi kami adalah lokasi pelatihan satu dengan yang lainnya terpisah-pisah dan diselenggarakan di balai desa di kelurahan yang berbeda, cukup mengesankan bahwa kami harus bertukar lokasi dengan Mas Novi Prasetyawan yang membantu kami memberikan materi kewirausahaan di bisnis digital.

Menyusur persawahan yang luas sebelum menuju salah satu lokasi pelatihan memberikan nilai nostalgia masa lalu. Sungguh berbeda saat instansi pemerintah masih diperkenankan menyelenggarakan pelatihan di hotel-hotel.

Ada yang mengesankan saya, apa coba ?

Sebuah appresiasi dari salah satu binaan kami dari Kudus, yang meskipun saat ini bukanlah peserta pelatihan tetapi dengan setia menyempatkan diri menyambangi kami di setiap lokasi pelatihan untuk memberikan suguhan kopi rempahnya kepada kami. Luar biasa penghargaan ini bagi kami, terima kasih Bu Nanik pemilik Saqinano Kopi Rempah Kudus.


Bu Nanik Saqinano Kudus.
Sebenarnya tempat tinggal Bu Nanik Saqinano ini tidaklah dekat dari lokasi pelatihan, tapi ketika mengetahui bahwa kami memberikan pelatihan di Kabupaten Kudus, beliau dengan serta merta menyambut kami dan menyuguhkan kopi rempahnya di setiap lokasi pelatihan.

RumahUMKM.net sebagai acuan referensi dan edukasi UMKM

Alhamdulillah setiap materi yang kami sampaikan kepada setiap kelas mendapatkan respon yang antusias dari peserta, katanya suara saya menyihir mereka HaHaHa ... Ada-ada saja ! Ya tapi itulah materi motivasi kewirausahaan yang menjadi pembuka pelatihan dari kami. Mengajak mereka yang sebagian besar adalah pelaku usaha untuk selalu bisa mengelola mindset kewirausahaannya agar tetap sukses mempertahankan usaha tentulah merupakan topik yang menarik untuk mereka yang masih terhitung baru dalam usaha.

Sesi tanya jawab pun kami buka lebih lama dari biasanya karena kami sadar kami tidak bisa setia saat mendampingi mereka, sehingga kesempatan ini harus kami berikan semaksimal mungkin kepada mereka. Mulai dari ide kreatif usaha, pengemasan dan pemasaran menghiasi pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Tapi sayang, tak satupun dari mereka yang menanyakan no rekening bank saya HeHeHe.

Kami juga sampaikan bahwa kami juga akan setia mendampingi setiap kebuntuan ide dari mereka dengan keberadaan RumahUMKM.net yang setiap saat bisa mereka akses untuk melihat referensi, edukasi dan informasi usaha. Semua memang kami rancanng melayani UMKM, terutama yang jauh dari jangkauan tangan kami. RumahUMKM.net ingin selalu memberikan manfaat dalam setiap keberadaan dan kesempatan yang ada.

Salam sukses dan semangat teman-teman UMKM Kabupaten Kudus !