Laman

  • Home

Sabtu, 22 Agustus 2015

Bedah DiahDidi.Com - Keseharian, Itulah Idenya.

Bagi penggemar masakan dan pemburu resep, pastilah tidak akan melewatkan situs diahdidi.com yang telah menerbitkan lebih dari 1.200 resep hasil karya sendiri dengan pembaca setia lebih dari 60.000 setiap harinya. Sungguh luar biasa untuk ukuran sebuah blog masakan yang dikelola oleh seorang ibu rumah tangga yang awalnya ingin mengisi waktu luangnya di rumah.

Bahkan saat ini sudah banyak media-media online besar yang mengajak kerjasama dengan diahdidi.com dalam content production, sebut saja vemale.com yang sudah menjalin kerjasama. Beberapa brand produk dan toko online pun sudah menjalin kerjasama dalam promosi produk di diahdidi.com. Belum lagi permintaan dari beberapa resto dan hotel/resort untuk review dan liputannya, dan juga permintaan recipe development dari beberapa pengusaha resto yang akan membuka outlet baru.

Lantas, apa yang menjadi strengh point dari situs ini ?

Mungkin dengan page views harian yang rata-rata di kisaran 60.000 (per page) situs itu masih belum seperkasa situs-situs milik korporasi, tetapi jika dicermati profile pembaca dan loyalitasnya, situs ini pantas diperhitungkan karena memiliki pembaca yang sangat "segmented" dan loyal. Dan ingat, situs ini hanya dikelola oleh seorang ibu rumah tangga yang awalnya tidak tahu apa itu SEO atau apa pun yang terkait dengan optimasi website. Semua berjalan mengalir, belajar sambil menyalurkan hobby memasak dan menulis di blog.

Situs www.diahdidi.com

Belajar food photography pun dilakukan sambil berjalan, pengalaman lah yang akan membuat kita menjadi expert, selalu belajar dan berbagi ilmu lah yang menjadikan motivasi dalam diri selalu terkelola. 

Diah Didi & Food Photography
Lantas, bagaimana mengelola ide memasak setiap harinya ? Apapun yang dimasak setiap hari adalah ide untuk tulisannya atau konten di diahdidi.com, sebuah konsep sederhana yang berangkat dari keterbatasan seorang ibu rumah tangga. Jika dicermati, keseharian adalah sumber ide dan ide akan terkelola dengan baik jika kita selalu berpikir berbeda dari hari ke hari.

Menjaga konsistensi untuk selalu update ternyata bukanlah hal yang mudah mengingat kesibukan sebagai ibu rumah tangga juga menyita waktu. Tetapi sebuah komitmen yang kuat harus terus dijaga ketika diingat bahwa blog ini sudah bertahan selama 5 tahun ! 

Berbagi ilmu, berbagi pengalaman

Jika dicermati isi dari blog yang sangat konsisten dengan orisinalitasnya baik foto maupun isinya, maka pembaca akan melihat bahwa isi dari blog ini sebagian besar adalah sharing ilmu dan kesuksesan dalam menyajikan sebuah masakan. Sekilas memang biasa, tetapi jelinya penulis membidik pembaca yang ingin menjadi jagoan masak di rumah dan mendapatkan pujian dari pasangan merupakan salah satu kelebihannya, sementara mereka masih sangat junior dalam hal masak memasak. DiahDidi.Com selalu memberikan informasi 100% dari pengalaman penulis kepada semua pembacanya, setelah penulis mempraktekkan resep tersebut sebelumnya sehingga prosentasi berhasilnya menjadi lebih besar.

2 buku pun sudah diterbitkan oleh DiahDidi.Com yaitu "62 Resep Masakan Lezat untuk Menu Sehari-hari" yang menyajikan 62 resep masakan tanpa MSG dan "Bikin Kue Kering Yuk!" yang didistribusikan oleh Gramedia di seluruh Indonesia dan ludes di pasaran. Saat ini sedang dipersiapkan buku ketiga yang masih dirahasiakan judulnya.

Konsep berbagi inilah yang menjadi konsistensi dari situs ini, yang sampai saat ini masih terus melakukan update situs setiap hari dan berkomunikasi secara langsung dengan pembacanya. 

Inilah dunia wanita, dunia yang penuh emosional dan harus dikelola dengan cara yang emosional juga. Semoga situs ini akan selalu bermanfaat dan selalu setia hadir menemani rekan-rekan yang hobby memasak di dapurnya.