Laman

  • Home

Senin, 15 Juni 2015

Ternyata Modal Usaha yang Utama itu adalah Kreativitas


Wanita & Internet

Kreativitas Membuat Usaha

Hampir tiap hari kami di Rumah UMKM mendapatkan pertanyaan tentang bisnis apa yang paling bagus saat ini dan tentunya saya tidak akan menyomot nasihat dari Bapak Bob Sadino bahwa bisnis yang bagus ada bisnis yang harus dimulai bukan hanya diimpikan saja.
Dan saya pun tidak akan mengumbar peluang-peluang bisnis yang ada dalam database kami kepada teman-teman yang akan memulai bisnis tersebut, karena kami belum mengenal karakter dan potensinya masing-masing.

Jadi yang paling sering kami lalukan adalah memandu teman-teman yang ingin memulai bisnis tersebut untuk mulai mengenai karakter dan potensi yang ada dalam dirinya, baik melalui metode yang kami kerjasamakan dengan pihak ketiga untuk psikotest maupun metode kami sendiri yaitu grafologi.

Setelah kami mengenal karakter dan potensi dari klien, baru kemudian kami akan mencoba "menyaring" bidang-bidang apa yang menjadi minat mereka yang mendalam dan selanjutnya baru kami menggelar peluang-peluang bisnis yang ada dalam database kami untuk mereka pilih.

Setelah memilih, maka Rumah UMKM akan memandu mereka untuk membangun bisnis model maupun konsep bisnis untuk selanjutnya dikembangkan menjadi business plan yang aplikatif dan mudah dilaksanakan.

Itulah sekilas metode kami dalam membantu START UP untuk memulai usaha.

Memberdayakan Wanita dan Memberdayakan Rumah Tangga

Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan hidup saat ini sangat berat bagi teman-teman yang menggantungkan nafkah dari penghasilan suami, dan istri hanya sebagai ibu rumah tangga yang hampir seluruh waktunya ada di rumah. Kami bersama teman-teman komunitas online perlahan-lahan melakukan pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk mencari penghasilan tanpa harus keluar rumah, yaitu bersahaba dengan INTERNET !

Internet adalah pintu gerbang memasuki dunia lain (maya) yang juga memberikan banyak peluang penghasilan yang bahkan mungkin tidak disangka oleh teman-teman yang belum akrab dengan bisnis online baik media online maupun toko online.

Untuk saat ini kami telah melakukan beberapa pelatihan kepada para Ibu-Ibu untuk membuat blog atau website dan bagaimana mencari uang dari hal tersebut. Tidak mudah menyakinkan mereka, untuk itu kami perlu memberikan contoh nyata dari pelaku atau praktisi dari komunitas kami.

Bahwa dengan toko online, anggota kami ada yang bisa mendapatkan omzet ratusan juga sampai milyaran dalam 1 bulan dan mendapatkan puluhan juga dari website (media online)-nya. Semua dilakukan di rumah tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai Ibu Rumah Tangga.

Kami juga memberikan pelatihan food fotografi kepada UMKM-UMKM (wanita) yang memproduksi makanan dan menjualnya secara online. Semuanya bermanfaat dan semua aplikatif.

Internet adalah Sahabat Wanita

Awalnya tidak mudah mengubah mindset OFFLINE menjadi ONLINE, ibarat kita berbicara masalah hantu kepada orang-orang yang rasionalis. ONLINE itu bagi orang awam adalah hantu, tetapi bagi yang sudah masuk ke dunianya online ada peluang usaha yang murah, mudah dan prospektif.

Kami juga tekankan kepada para wanita daripada menggunakan gadget untuk ngrumpi mengapa tidak dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna, menggunakan media sosial seperti face book, twitter dan sebagainya untuk bisnis yang menghasilkan. 

Bahwa semuanya harus dilandasi denga kejujuran, komitmen yang kuat dan profesionalisme itu sudah wajar, karena bisnis online hanya itu modalnya. 

Sudah banyak contoh bahwa bisnis online itu murah, dengan modal buat website cuma kurang dari Rp 1 juta tapi bisa menghasilkan ratusan juga bahkan milyaran rupiah. Semua harus punya konsep yang kreatif dan unik, berbeda satu dengan yang lainnya karena bisnis online adalah bisnis kreativitas dan inovasi.