Laman

  • Home

Senin, 01 Juni 2015

Sesiangan di Dekranasda, Melihat Potensi UMKM Binaan Dinas Perindustrian & Perdagangan Propinsi Jawa Tengah

GetAsean.Com Mulai Melanda Disperindag Jateng

Dalam rangka sosialisasi GetAsean.Com, saya membuat schedule "jalan-jalan" ke beberapa instansi pemerintah yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan UMKM, salah satunya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah.

Ruang pamer DEKRANASDA di lantai 1 menjadi persinggahan pertama saya, disamping untuk melihat produk-produk yang dipajang disana yang cocok untuk dipajang juga di GetAsean.Com juga sekalian menjelaskan eCommerce Kadin Jateng tersebut kepada pengelola DEKRANASDA. Produk batik di ruang pamer ini menurut saya sudah pantas dipromosikan secara luas. Coba cek beberapa foto terlampir ini;

Showroom DEKRANASDA di Lantai 1, Tinggal Poles dan Review Konsepnya.

Koleksi Batik dan Tenun

Koleksi Batik dan Tenun

Replica Harley Davidson, Produksi UMKM Jawa Tengah

Becak Kayu, Cocok Untuk Maskot di Resto atau Hotel

Koleksi Batiknya Sangat Bagus

Koleksi Beragam Batik dari Jawa Tengah

Kelihatan Gak Tulisan Produsennya ?

Batik Semarang

Koleksi Batik Semarang

Nah, ini dia pengelola SHOW ROOM-nya, Orangnya Pemalu.
Dalam kesempatan ini kami bertemu langsung dengan Mbak Mieke Irwanto yang menjadi pengelola showroom DEKRANASDA di Lantai 1 sebelum selanjutnya berdiskusi mengenai dukungan konsultasi UMKM dengan Bidang Industri Agro yang dipimpin oleh Ibu Ratna Kawuri.

Dalam pertemuan dengan Ibu Ratna Kawuri, Rumah UMKM diminta dukungannya untuk memberikan konsultasi bisnis pada saat Pameran Agro bulan Agustus mendatang. Bagaimana mengemas produk olahan agro, penyediaan presentasi produk yang menarik dan memasarkannya melalui eCommerce juga menjadi topik pembicaraan kami dengan beliau siang tadi.

Sinergitas Kadin Jateng dengan Instansi Pemerintah

Rumah UMKM mengemban misi menjalin sinergitas dengan semua instansi pemerintah yang memiliki program pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah, disamping juga dengan asosiasi lain yang terkait. 

Setelah sebelumnya Rumah UMKM sinergi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah dengan proyek riil pembangunan UMKM Center Jawa Tengah, Rumah UMKM juga bersinergi dengan BAPPEDA Jawa Tengah dengan program FEDEP-nya, sekarang Rumah UMKM sedang mengawali sinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah.

Menyemarakkan DEKRANASDA dan DESPRA menjadi target kerjasama Rumah UMKM dengan Disperindag dengan tujuan memberikan lebih banyak peluang produk UMKM Jawa Tengah tersentuh promosi dan fasilitasi dari pemerintah. Bersama-sama kami akan mencoba membantu memberikan saran dan masukkan bagaimana menyemarakkan DEKRANASDA dan DESPRA di masa mendatang.


Bagaimana Mengajak Binaan UMKM Disperindag Menjadi Anggota Kadin Jateng

Tidak mudah mengajak UMKM binaan pemerintah menjadi binaan sebuah asosiasi seperti Kadin Jateng, yang bagi anggapan UMKM merupakan asosiasi bagi pengusaha besar saja, selain memberikan contoh dan manfaat nyata kepada UMKM. 

Manfaat nyata yang diberikan oleh Kadin Jateng yang bisa dengan gratis didapatkan bagi UMKM anggota Kadin Jateng adalah klinik bisnis UMKM, Business Matching, Business Sharing dan selama 1 tahun ke depan ini GetAsean.Com juga diberikan gratis. Banyak manfaat dan peluang yang bisa didapatkan anggota ketika bergabung dengan Kadin Jateng, yang mungkin sebelumnya tidak diketahui oleh UMKM Jawa Tengah.