Laman

  • Home

Jumat, 08 Mei 2015

Seharusnya Pos Indonesia bukan pilihan kedua lagi bagi pelaku shop online.

Meeting BukaLapak.Com dengan PT Pos Indonesia.

Sepertinya siang ini saya harus tabah menerima cobaan "makan non stop", setelah dijamu Bu Benita di Seoul Palace saya harus tetap kuat bertahan "makan" di Kopi "O" Sisingamangaja dijamu oleh Bapak Agus Sukahar dan Bapak Kun Kun dari PT Pos Indonesia bersama Mas Iyan Ferdian dari bukalapak.com.

Makan siang di Kopi "O" Jl Sisingamangaja Semarang
Apa yang kita obrolkan siang ini adalah mengenai bisnis online dan peran kurir di dalamnya. Bahwa PT Pos Indonesia saat ini sedang konsentrasi menggarap shop online, terutama PT Pos Indonesia Area Jawa Tengah dan DIY. 

Komunitas shop online di Jawa Tengah masih ketinggalan jauh dari Yogyakarta, dan Semarang juga masih kalah dengan Surakarta. Sebuah peluang bisnis yang luar biasa bagi Pos Indonesia dalam bidang pengiriman paket baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Kami melihat bahwa Pos Indonesia sudah memiliki infrastruktur hardware dan software yang sudah sangat mencukupi, hanya permasalahannya ada "siapa yang tahu" ?

Promosi dan Sosialisasi

Sebagaimana perusahaan negara yang lainnya, PT Pos Indonesia lemah dalam promosi dan sosialisasi produknya sehingga masyarakat tidak terdukasi produk dan layanannya dengan baik. Pelaku shop online lebih akrab dengan para pesaing, karena tidak tahu jika PT Pos Indonesia punya layanan yang lebih lengkap dengan harga bersaing.

Melihat peluang ini, PT Pos Indonesia sedang mulai mencoba untuk melakukan promosi yang lebih gencar lagi dan mulai mengakrabkan diri dengan pelaku-pelaku shop online baik di Semarang, Yogyakart dan Solo maupun di daerah-daerah lainnya.

Perbaikan layanan dalam persaingan

Berbagai masukan kami berikan kepada PT Pos Indonesia terutama mengenai kemudahan akses tarif dan lacak kiriman yang saat ini sudah direalisasikan oleh PT Pos dengan program di smart phone. Kami juga menanyakan apakah masih memungkinkan untuk "mempercepat" waktu kirim untuk jenis kirman biasa, dari yang 1 bulan menjadi 3 minggu atau yang 3 minggu jadi 2 minggu.

Semua masukan yang kami berikan tujuannya agar pengiriman paket melalui Kantor Pos terasa nyaman dengan mudah. Semoga dengan perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan, PT Pos Indonesia tidak lagi menjadi pilihan kedua untuk pengiriman paket.

Hebatnya, Pos Indonesia memiliki produk wesel pos instan

Produk wesel pos instan sangat membantu pembayaran bagi customer yang tidak memiliki rekening di bank dan ingin melakukan pembayaran kepada toko online. Layanan ini belum dimanfaatkan secara optimal karena PT Pos Indonesia juga kurang gencar melakukan sosialisasi produk. Padahal produk ini sangat membantu teman-teman yang lokasinya jauh dari kantor-kantor bank di daerah-daerah terjauh.