Laman

  • Home

Selasa, 26 Mei 2015

Marketing for Small Business, Memenuhi Undangan Dinas Koperasi & UMKM Prop Jawa Tengah di Kabupaten Boyolali

Sebuah Kesempatan Membantu Kadin Kab Boyolali Melayani UMKM Kab Boyolali

Seminggu yang lalu sebuah undangan menjadi nara sumber pemasaran untuk UMKM terlayangkan ke TTIC Kadin Jateng untuk mengisi workshop dan PKL dalam rangka Pengembangan Kelembagaan Koperasi bagi Wanita Produktif di Kabupaten Boyolali pada tanggal 26 Mei 2015. Alhamdulillah undangan ini bisa saya penuhi hari ini, meskipun harus berangkat dari rumah setelah subuh karena acara dimulai jam 08.00 - 10.00 pagi di Gedung PKPRI Boyolali. Dalam kesempatan ini kami memberikan pembekalan pemasaran untuk bisnis skala kecil. 

Dengan audience keseluruhannya adalah UMKM wanita di Kabupaten Boyolali kami harus "menyederhanakan" materi pemasaran kami agar lebih mudah dicerna dengan memberikan banyak contoh kasus yang selama ini kami hadapi di Rumah UMKM. Tips dan best practice kami perbanyak untuk membantu UMKM mudah mencerna, terlebih peserta pelatihan rata-rata sudah tidak muda lagi.
Melihat potensi produk Kabupaten Boyolali yang luar biasa banyak maka perlu sekali "penggabungan" usaha mereka dalam wadah koperasi untuk memudahkan pembinaan produksi, pembinaan kemasan dan pembinaan pemasarannya. Saat ini UMKM di Kabupaten tersebut masih berjalan-jalan sendiri-sendiri dan cenderung terjadi kompetisi yang tidak sehat satu dengan yang lainnya.
 
Kebetulan dalam sesi ini dari Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Boyolali ada wakilnya yaitu dari ketua IWAPI setempat, sehingga kami perlu juga memberikan informasi bahwa Rumah UMKM bisa diakses melalui keanggotaan mereka di Kadin Daerah.

Marketing Bukan Seni Kelicikan, Marketing Justru Seni Kejujuran.

Alhamdulillah Semua Antusias dengan Materi Marketing.


Semua Ibu, Semuanya Wanita ... Hanya Si Nara Sumber yang Cowok di Forum ini.
Ibu-Ibu yang didepan saya ini, sangat antusias mengajukan pertanyaan.

UMKM Harus Rukun, UMKM Harus Guyup.

Berdiskusi dengan ketua IWAPI, kami sepakat bahwa pembinaan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Boyolali akan kami garap bareng antara Rumah UMKM Kadin Jateng dengan Kadin Kabupaten Boyolali melalui IWAPI untuk UMKM wanitanya. Tugas Rumah UMKM adalah melayani Kadin Daerah.