Laman

  • Home

Sabtu, 30 Mei 2015

Batik Prasojo, Kekuatannya di Tenun Lurik

Pedan, Klaten - Sentra Tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin)

Selain Pekalongan di Jawa Tengah ada daerah lain yang merupakan sentra produksi tenun ATBM, yaitu Pedan, Klaten. Tenun ATBM dari Pedan Klaten dikenal halus dan bisa rapat dengan motif yang utama adalah lurik. Kami pernah survey di daerah Pedan ini dan ngobrol dengan beberapa produsen sewaktu kami masih mengelola Butik dan akan melakukan peragaan busana di Yogyakarta.

Tapi saat ini saya tidak di Klaten, saya ada di UMKM Center Jawa Tengah, tepatnya di lantai 2 pojok kiri, yaitu outlet Batik Prasojo Klaten, milik Mbak Rani. Saya banyak melihat bahan lurik di sini, dan ketika saya tanyakan ke Mbak Nelly yang menjaga outlet tersebut, memang andalan Batik Prasojo adalah lurik disamping ada produk batik dari Klaten.

Bahan lurik memang masih memiliki esksotisme tersendiri di kalangan orang Jawa, bahkan orang Melayu pun melihat produk ini sebagai produk yang unik. Produk ini 100% dikerjakan dengan ATBM dan justru dengan kerja manual ini, bahan lurik merupakan daya tarik tersendiri. Ketika dipakai, bahan lurik memberikan kesan ETNIS yang sangat kental. Orang akan dengan cepat memberikan kesan "JAWA" kepada pemakainya, meskipun tidak harus demikian. Image JAWA inilah yang sangat kuat melekat pada kain lurik dan membuatnya dicari banyak orang.

Koleksi Batik Prasojo di UMKM Center Jawa Tengah

Motif Non Lurik Pun Ada.

Koleksi Didominasi dengan Kain Lurik

Coba Lihat Bandrol Harganya, Murah Kan ?

Ada Koleksi Umum, Yang Mahal Pun Ada.
Pada kesempatan itu saya mengambil beberapa gambar untuk saya share kepada pembaca RumahUMKM.net, setidaknya mereka tahu bahwa mereka tidak harus pergi ke Pedan, Klaten yang sekitar 2-3 jam dari Semarang. Orang-orang Semarang dan sekitarnya bisa mendapatkannya di UMKM Center dengan harga yang sama dengan yang di Klaten.

Batik Prasojo juga menawarkan penjualan ke Reseller baik offline maupun online, karena mereka akan fokus pada kreativitas produksi. Semakin banyak yang terlibat dengan bisnis lurik ini, semakin besar peluang pasar yang akan diperoleh. Pada shop onliner semoga melihat peluang kerjasama ini.