Laman

  • Home

Kamis, 16 April 2015

Tuntutan itu merupakan tantangan bagi kami.

Selama mengawal program Rumah UMKM ini ternyata setiap hari kami harus siap dengan solusi permasalahan UMKM, harus selalu punya ide, harus selalu kreatif dan harus selalu update.

Sebuah tantangan yang berat yang harus kami hadapi mengingat kami juga sibuk dengan pekerjaan kami yang menopang roda kehidupan kami sendiri, tetapi hal ini sudah menjadi komitmen kami untuk membantu teman-teman UMKM di Jawa Tengah membuka akses pasar untuk produk-produk yang dihasilkannya.

Selalu punya solusi, berarti kami harus selalu belajar "best practise" dari beberapa ahli, referensi dan dari pengalaman-pengalaman pribadi kami. 

Selalu punya ide, tidak mudah untuk selalu punya ide karena kadang pola pikir kita masih terkungkung dengan hal-hal rutinitas. Kami harus berani untuk mencoba berpikir "out of the box" agar kami punya "nuansa" pemikiran yang lain. Mencoba selalu kritis dan detail dalam setiap permasalahan membantu kami melihat permasalahan secara lengkap, sehingga kami punya kesempatan untuk "mencoba" hal-hal lain yang mungkin orang lain mengangapnya kita "selalu" ada ide.

Selalu kreatif, mungkin kami bukanlah orang yang "sekreatif" itu, kami hanya mencoba selalu "berbeda" dari biasanya, dan tentunya perbedaan yang dimaksudkan adalah "yang lebih baik".

Untuk selalu update dengan permasalahan UKMM terkini, kami harus selalu "berada" di sekitar teman-teman UMKM untuk mendengar dan ikut merasakan apa yang mereka hadapi saat ini, misalnya: masalah kenaikan BBM yang memicu kenaikan semua bahan baku, transportasi dan lain sebagainya. 

Semoga tantangan-tantangan ini selalu bisa kami jawab, meskipun dengan keterbatasan kami yang bernaung di bawah organisasi NON PROFIT. Tentunya dengan kondisi ini ada "keterbatasan" lain yang menjadikan kami punya kendala dalam "berbaur" dengan teman-teman UMKM di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Tetapi ke depannya, kami berharap ada sponsor yang memperhatikan kegiatan kami dan memberikan ruang lebih luas lagi kepada kami untuk berbaur dengan teman-teman UMKM di daerah.