Laman

  • Home

Selasa, 14 April 2015

PUM (Netherlands Senior Experts) dan kesanggupannya membina UMKM Jawa Tengah

Dari kir ke kanan : Gendut Marjoko, George Coster dan Jenny Toko Oen

PUM - Netherlanda Senior Experts

Siang kemarin (Selasa, 14 April 2015) bertempat di Toko Oen Jl Pemuda Semarang jam 14.00 sd 16.00 kami diberikan kesempatan bertemu wakil dari PUM (Netherlands Senior Experts), Mr George Coster, oleh Bu Jenny pemilik Toko Oen.

Berikut profil dari PUM yang dapat saya share untuk teman-teman UMKM di Jawa Tengah.

Tentang PUM

Tentang kita

PUM adalah tenaga ahli senior PUM Belanda. PUM menghubungkan pengusaha-pengusaha di negara-negara berkembang dan emerging market dengan ahli senior dari Belanda yang masing-masing telah memperoleh setidaknya 30 tahun pengalaman dalam lingkungan bisnis. Tenaga ahli senior ini dengan sukarela mengabdikan ilmunya dalam pelaksanaan jangka pendek, proyek-proyek konsultasi yang solid di lapangan langsung.

Pendekatan kami


Dengan berbagi pengetahuan, PUM membantu pengusaha membangun pengetahuan yang cukup untuk mengembangkan usaha mereka ke tingkat berikutnya. Hal ini menguntungkan bisnis lokal serta masyarakat sekitar.

Keahlian PUM


3.200 relawan PUM memberikan pendampingan 2.000 pengusaha setiap tahun di hampir setiap bidang, mulai dari logistik, teknik pengelasan, hotel & katering, perdagangan dan juga pertukangan.

Mitra PUM


Operasi kami didanai oleh berbagai donor dan sponsor, berdasarkan filosofi bahwa sektor usaha kecil dan menengah mandiri bermanfaat untuk perkembangan global.

Nama


PUM singkatan dari 'Programma Uitzending Manajer' dari Belanda untuk 'Manajer Deployment Program'. Namun, sudah lama program ini berhenti untuk menyebarkan manajer, tetapi saat ini kami bekerja sama dengan spesialis dan pengusaha. Kami saat ini menerapkan singkatan dengan penambahan: Tenaga Ahli Senior Belanda.

Pandangan PUM tentang kelestarian


Tenaga Ahli PUM selalu bertujuan untuk mengambil kondisi terkini dari bisnis mereka kunjungi. Mereka fokus pada masalah bisnis yang utama, tetapi juga potensi perbaikan lingkungan dan sosial. Seringkali mudah dan seringkali tanpa biaya tambahan. Bahkan lebih baiknya, solusi berkelanjutan terbukti menghemat uang dalam jangka panjang.

Referensi 


PUM telah melakukan pendampingan pengusaha selama 35 tahun. 

Pendampingan yang dilakukan PUM di Afrika, mereka berbaur dengan pelaku usaha.

Pendampingan PUM untuk pelaku usaha pertanian di Afrika.

Pendampingan Tenaga Ahli untuk teknik pengelasan.
  
Dari diskusi tersebut, PUM bersedia memberikan semacam training untuk group pelaku UMKM (sesuai bidang usaha), yang setiap group-nya terdiri dari 20-30 orang secara sukarela. Mulai dari produk batik, handicraft, furniture, kuliner dan sebagainya. Jika Rumah UMKM telah siap dengan group-group tersebut, kami diminta segera melayangkan proposal pengajuan kepada PUM.

Pelatihan bisa berupa bagaimana meningkatkan kualitas produksi, teknologi produksi, desain kemasan dan juga pemasaran. 

Tawaran yang sungguh sangat menarik ini pasti akan kami tindaklanjuti dengan payung Kadin Jateng untuk kerjasamanya. Besar harapan kami, UMKM-UMKM anggota Kadin bisa teakomodasi kebutuhan peningkatan pengetahuan produksinya dan juga jaringan pemasarannya.

Sudahkan mendaftar jadi anggota Kadin Jateng ?!