Laman

  • Home

Rabu, 04 Maret 2015

Ngomongin Sambel, Jawa Tengah juga Jagonya.

Belum Lengkap, Kalau Tanpa Sambal

Lidah orang Indonesia memang sudah terbiasa dengan rasa sambal dan kerupuk, sudah seperti genetis jika secara turun temurun orang Indonesia menyuai sambal. Dari ratusan jeni sambal yang ada di nusantara, sambal Jawa memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Sambal praktis yang sering kita temui di pasaran adalah produk-produk dari industri besar seperti Indofood, ABC dan mungkin yang baru muncul adalah FINNA. Tetapi ketika bagi mereka yang sering "blusukan" pasti akan menemukan sambal dengan cita rasa "yang tidak standard" dari UMKM.

Di Semarang sendiri kami punya produk Sambel Bandeng dan Sambel Sedap Oma sementara dari Solo kami punya produk Sambal Bu Christy, itu belum lagi produk sambal pecel yang beraneka ragam cita rasanya dan hampir setiap kota memproduksinya.

Nah, jika anda adalah pemilik toko, agen penjualan atau distributor mari kami perkenalkan produk-produk UMKM binaan kami tersebut.

Sambal Bu Christy, Produksi UMKM Solo

Berbagai Macam Sambal Bu Christy

Belum lengkap makan kremesan, kalo gak ada sambal.

Ini dia, si produsennya ... Catet dech kontaknya !

Kalo yang ini, Sambel Sedep Oma, Produksi UMKM Semarang

Berbagai macam produk Sambel Sedep Oma

Foto-fotonya sudah cukup menarik untuk ukuran UMKM.

Ayo mau pilih yang mana ?

Sambal Rebon pun ada

Sambal Terasi Sambel Sedep Oma

Yang terakhir ini adalah Sambel Bandeng Mina, Produksi UMKM Semarang juga.

Meskipun begitu, untuk pasar ekspor kami masih memiliki banyak pekerjaan rumah dalam hal teknologi pengawetannya, karena rata-rata sambal kemasan ini hanya mampu bertahan 3 bulan. Kami bersama-sama dengan UMKM kami masih terus berinovasi membuat sambal kering yang praktis tanpa mengurangi cita rasa aslinya.

Setiap sambal dari UMKM memiliki cita rasa tersendiri dan memiliki pasar loyal sendiri-sendiri, sehingga menurut kami tidak ada persaingan yang berarti karena permintaan pasar jauh lebih besar dari kemampuan produksi mereka.

Ada sambal ada krupuk, dan Jawa Tengah pun juga punya seribu satu macam krupuk terutama dari daerah pesisir utara. Sebuah kombinasi yang legendaris dari Jawa Tengah.