Laman

  • Home

Minggu, 08 Maret 2015

Keberpihakan Kabupaten Kota Terhadap Perkembangan KUMKM di Jawa Tengah






KUMKM sebagai tulang punggung ekonomi kerakyatan sudah patut mendapatkan perhatian dan keberpihakan dari pemerintah baik propinsi maupun pemerintah kabupaten kota di seluruh Jawa Tengah.

Pemerintah Propinsi Jawa Tengah pun sudah mengawalinya di tahun 2012 dengan memberikan penghargaan pin emas dan pin perak kepada kabupaten kota di Jawa Tengah yang kebijakannya pro KUMKM dan penghargaan ini berlanjut sampai dengan sekarang guna menjaga konsistensi dari kebijakan tersebut.

Bukan masalah penghargaannya yang penting, melainkan implementasinya dan progressnya di lapangan.  Terlihat bahwa daerah-daerah yang kebijakannya pro KUMKM terbukti mampu menumbuhkan perkembangan kewirausahaan dan KUMKM yang signifikan seperti Kota Madya Semarang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Demak, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas.

Kadin Jateng sendiri merasakan indikasi aktif dari komunitas-komunitas UMKM dari wilayah-wilayah tersebut, dan bahkan dari daerah-daerah lain yang ingin bersaing mendapatkan penghargaan tersebut di kesempatan berikutnya. Hal ini terekam dari UMKM yang melakukan komunikasi dengan Kadin Jateng melalui program Rumah UMKM-nya, dan keinginan mereka untuk lebih berkembang dan mampu menghadapi kendala pemasaran dan permodalan.

Bisa dikatakan bahwa kebijakan dan himbauan kepada pemerintah daerah untuk berpihak kepada KUMKM di Jawa Tengah sudah berjalan dengan semestinya dan sudah memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kualitas dan kuantitas KUMKM di Jawa Tengah. (Rumah UMKM)