Laman

  • Home

Sabtu, 21 Maret 2015

Belajar banyak dari program produk unggulan Jawa Tengah

Produk unggulan Jawa Tengah ? Ada yang perlu dibenahi ?

Produk Unggulan Jawa Tengah di Pameran Inacraft
Sudah menjadi tugas kami dalam memasarkan produk UMKM Jawa Tengah, tetapi mengapa justru bukan produk unggulan yang menjadi permintaan dari pasar-pasar kami, baik pasar lokal (baik pasar konvensional maupun pasar modern) dan pasar internasional.

Itulah sebabnya kami mencoba membedah dan mereview program produk unggulan tersebut, apanya yang salah dalam penentuan produknya ? 
Disesuaikan dengan sumber daya alam yang terjamin kontinuitasnya ? Didukung dengan sumber daya manusia yang mumpuni ? Didukung teknologi yang memadai ? Dikelola dengan sistem manajemen yang rapi ? Dibackup permodalan yang cukup ? Atau didukung akses pasar yang kreatif ?

Mungkin itu beberapa faktor yang bisa saya coba untuk meninjau kebijakan yang sudah ada. Tidak menutup kemungkinan ada faktor lain yang juga memberikan andil dalam "kurang berhasilnya" strategi produk unggulan Jawa Tengah tersebut.

Strategi lama tersebut telah memberikan konsekwensi anggaran dari pemerintah yang cukup besar, baik dalam hal supporting produksi sampai dengan promosi dan pemasarannya. Alangkah disayangkan jika anggaran yang besar tersebut kurang begitu efektif dalam menjangkau tujuan awal strategi tersebut.

Saya mencoba membedahnya dalam rapat koordinasi strategi produk unggulan dalam menapaki MEA 2015 di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 23 Maret 2015 di Hotel Kesambi Hijau mendatang.

Saya akan coba share presentasi saya dalam postingan selanjutnya.