Laman

  • Home

Kamis, 29 Januari 2015

Tips Pembinaan UMKM yang Efektif.

Pembinaan UMKM yang efektif menurut saya adalah dengan memberikan ruang dan waktu kepada pelaku UMKM untuk "berinteraksi' langsung dengan pasar, dengan sebelumnya kita membekali UMKM tersebut dengan mindset kewirausahaan dan etika bisnis yang memadai.

Dengan cara ini pelaku UMKM bisa paham dah tahu betul apa yang diinginkan dibutuhkan oleh pasar, dan paham mengenai rencana tindak lanjut untuk memenuhinya.

Jadi tugas penggiat UMKM pada awalnya adalah mengukur kesiapan pelaku UMKM dalam segi pola pikir kewirausahaan dan paham mengenai etika bisnis. Selanjutnya memberikan ruang dan waktu kepada pelaku UMKM untuk berinteraksi dengan pasar secara langsung melalui pendampingan oleh penggiat UMKM.

Rencana tindak lanjut setelah pelaku UMKM sudah memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar masuk dalam tahapan tugas penggiat UMKM dalam peningkatan omzet UMKM. Penggiat UMKM akan memberikan pendampingan dalam menata rencana strategi sales yang sederhana kepada UMKM.

Selanjutnya ketika pelaku UMKM sudah mampu melakukan beberapa kali transaksi, tugas penggiat UMKM selanjutnya adalah memberikan arahan dalam penataan asset, yang nantinya asset tersebut bisa dijadikan sebagai jaminan modal keberlangsungan usaha. Inilah yang disebut asset produktif.